Liga Indonesia

Simon McMenemy Waspada, 2 Pelatih Asing Timnas Indonesia ini Terjungkal di Laga Debut Lawan Myanmar

Senin, 25 Maret 2019 13:52 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Lanjar Wiratri
© AgilMubarok/Indosport
Simon McMenemy Latih Timnas Indonesia Copyright: © AgilMubarok/Indosport
Simon McMenemy Latih Timnas Indonesia

INDOSPORT. COM - Simon McMenemy sepertinya harus meningkatkan kewaspadaannya jelang laga debutnya sebagai pelatih Timnas Indonesia. Jelang pertandingan melawan Myanmar, Simon McMenemy dibayangi kegagalan pelatih asing Timnas Indonesia sebelumnya di laga debut.

Ya, Timnas Indonesia pada hari Senin (25/03/19) ini akan melakoni laga uji coba kontra Myanmar. Pertandingan ini bakal dilangsungkan pukul 18.30 WIB di Mandalar Thiri Stadium.

Pertandingan ini memang hanya bertajuk uji coba internasional. Namun, karena pertarungan malam nanti tercatat sebagai laga resmi, maka kemenangan patut diraih Timnas Indonesia demi memperbaiki rangking FIFA.

Urgensi untuk menang dalam laga ini ternyata tak hanya terkait kiprah Timnas Indonesia di rangking FIFA. Pertandingan lawan Myanmar juga menjadi spesial karena menjadi debut dari pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy.

Sayangnya, pelatih asal Skotalandia itu harus dihantui sebuah kutukan jelang laga nanti. Sebab sebelumnya, sudah ada dua pelatih asing yang menukangi Timnas Indonesia dan terjungkal di laga debut lawan Myanmar.

Pelatih asing pertama yang mengalami kesialan ketika jumpa Myanmar di laga debut adalah Ivan Kolev. Pelatih berkebangsaan Bulgaria itu melakoni debut sebagai juru taktik Timnas Indonesia pada 2002 silam.

Kala itu, debut Kolev bersama Skuat Garuda dihiasi dengan laga melawan Myanmar di ajang Piala AFF. Namun, Kolev gagal membawa anak asuhnya menang, lantaran skor akhir laga menunjukan angka imbang 0-0.

Berlanjut ke pelatih asing kedua yang mengalami nasib sial ketika jumpa Myanmar pada laga debut, yakni Luis Milla. Pelatih asal Spanyol tersebut melakoni debut bersama Timnas Indonesia pada tanggal 21 Maret 2019 dengan melakoni laga uji coba kontra Myanmar.

Akan tetapi, Milla yang memiliki reputasi besar sebagai eks pemain Barcelona dan Real Madrid, justru gagal memberik kemenangan bagi Timnas Indonesia. Skuat asuhan Milla bertekuk lutut dari Myanmar dengan skor 1-3.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Informasi Seputar Timnas Indonesia di INDOSPORT

54