Bola Internasional

Terungkap, UEFA Resmi Rilis Maskot Piala Eropa 2020

Senin, 25 Maret 2019 07:40 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Twitter/UEFAEURO
Skillzy, maskot Piala Eropa 2020 Copyright: © Twitter/UEFAEURO
Skillzy, maskot Piala Eropa 2020

INDOSPORT.COM - Peresmian maskot turnamen menjadi rutinitas wajib yang dilakukan UEFA menjelang hajatan besar sekaliber Piala Eropa. Otoritas tertinggi sepak bola Benua Biru itu baru saja merilis sebuah maskot bernama 'Skillzy' untuk Piala Eropa 2020.

Maskot dirilis menjelang pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2020 antara Belanda vs Jerman, Minggu (24/3/19).  Bertemakan #YourMoveUEFA akhirnya memperkenalkan Skillzy kepada seluruh dunia sebagai maskot yang akan meramaikan turnamen sepak bola paling bergengsi di Eropa.

Skillzy merupakan sebuah karakter yang terinspirasi dari dunia freestyle dan sepak bola jalanan, serta budaya panna (salah satu jenis olahraga yg diadaptasi dari sepak bola jalanan) yang lahir di jalanan Amsterdam.

Didampingi oleh dua freestyler terkemuka dunia, Liv Cooke dan Tobias Becs, Skillzy memamerkan kemampuan yang ia miliki di hadapan sekitar 55.000 penonton dalam acara tersebut.

"Membawa keindahan freestyling, sepak bola jalanan, dan panna bagi penggemar sepak bola di seluruh Eropa adalah kesempatan yang sangat istimewa," kata Liv, dilansir dari laman resmi UEFA.

"Entah bermain di taman atau di panggung dunia, entah sepak bola atau freestyling. Semua ini tentang mengekspresikan diri dengan bola di kaki anda,” tambahnya.

Selain itu, Liv dan Tobias juga akan menantang para pemain freestyler, baik pria maupun wanita, dari 12 kota besar di Eropa untuk pamer kemampuan. 

Kota-kota tersebut antara lain Amsterdam, Baku (Azerbaijan), Bilbao (Spanyol), Bucharest (Rumania), Budapest (Hungaria), Kobenhavn (Denmark), Dublin (Rep. Irlandia), Glasgow (Skotlandia), London (Inggris), Munchen (Jerman), Roma (Italia), dan Saint Petersburg (Rusia).

Nantinya, ke-24 pemain terpilih karena mampu menunjukan kemampuan olah bola terbaik mereka akan berkesempatan untuk menunjukkan keahlian selama turnamen Piala Eropa 2020 (12 Juni-12 Juli).

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT