Liga Indonesia

Evaluasi 4 Pemain Asing Arema FC di Piala Presiden 2019: Masih Malu-malu

Sabtu, 13 April 2019 15:42 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pavel Smolyachenko saat memeluk Gladiator usai cetak gol. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Pavel Smolyachenko saat memeluk Gladiator usai cetak gol.

INDOSPORT.COM - Usai pertandingan final Piala Presiden 2019 antara Arema FC vs Persebaya Surabaya, berikut evaluasi 4 pemain asing Singo Edan sepanjang turnamen pra musim ini.

Ya, Arema FC boleh saja dilabeli sebagai juara dan mengangkat trofi Piala Presiden 2019. Namun, jika melihat para pemain asing yang mereka pakai selama turnamen, cukup memprihatinkan.

Arema FC memboyong sebanyak empat pemain asing ke Piala Presiden 2019 ini. Yakni Arthur Cunha, Makan Konate, Pavel Smolyachenko dan Robert Lima Guimares.

Namun, keempat pemain asing di atas tidak terlalu mencolok penampilannya. Malah para pemain lokal Arema FC, seperti Ricky Kayame, Dedik Setiawan bahkan Hamka Hamzah yang berkontribusi besar.

Langsung saja, berikut INDOSPORT coba beri evaluasi 4 pemain asing Arema FC selama di Piala Presiden 2019.

Arthur Cunha

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Arthur Cunha punya peran penting dalam Brasil Connection Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTArthur Cunha punya peran penting dalam Brasil Connection

Arthur Cunha adalah muka lama yang mengisi slot pemain asing Arema FC. Dia sudah membela Singo Edan sejak Liga 1 2017 lalu.

Dia punya keunggulan dalam duel satu lawan satu di daerah pertahanan timnya. Dia juga dipercaya Arema FC untuk tampil di semua delapan pertandingan Piala Presiden 2019 ini.

Hasilnya adalah Arema FC berhasil hanya empat kali kebobolan dalam delapan pertandingan di mana Arthur Cunha turut tampil.

Makan Konate

© Herry Ibrahim/Indosport.com
Selebrasi Makan Konate (Arema FC) usai menjebol gawang Bhayangkara FC. Copyright: Herry Ibrahim/Indosport.comSelebrasi Makan Konate (Arema FC) usai menjebol gawang Bhayangkara FC.

Yang kedua adalah muka lama lainnya yang mengisi slot pemain asing Arema FC. Ya, Makan Konate juga sudah membela Arema FC sejak Liga 1 2018 bergulir.

Hebatnya Makan Konate selain dirinya berhasil menjuarai Piala Presiden untuk kedua kalinya adalah, dia juga mampu mencetak empat gol di turnamen tahun ini.

Dari enam pemain yang mencetak empat gol, Konate satu-satunya pemain yang bermain di posisi gelandang. Konate tentu akan sangat diandalkan Arema FC di musim mendatang.

Pavel Smolyachenko

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Jersey latihan yang dipakai Pavel Smolyachenko dianggap menjiplak desain aparel lain Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTJersey latihan yang dipakai Pavel Smolyachenko dianggap menjiplak desain aparel lain

Dari empat pemain asing yang dimainkan Arema FC di Piala Presiden 2019, nampaknya nama Pavel Smolyanchenko paling jeblok penampilannya.

Datang dengan harapan jadi andalan Arema FC di posisi gelandang bertahan, pemain asal Uzbekistan ini tak mampu menggeser peran Hanif Sjahbandi atau Hendro Siswanto yang punya posisi yang sama dengannya.

Penampilan Pavel harus dievaluasi oleh pelatih kepala Arema FC, Milomir Seslija. Melepas Pavel dan mendatangkan legiun asing di posisi lain bisa jadi opsi yang menarik jelang Liga 1 2019.

Robert Lima Guimares

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Robert Lima Gladiator mencetak dua gol pada debutnya di Arema Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTRobert Lima Gladiator mencetak dua gol pada debutnya di Arema

Robert Lima Guimares atau akrab disapa Gladiator merupakan legiun asing asal Brasil yang dipakai Arema FC di posisi striker sepanjang Piala Presiden 2019.

Gladiator belum menunjukkan kualitasnya sebagai penyerang tengah di sepanjang Piala Presiden 2019. Bahkan perannya masih bisa digantikan oleh Dedik Setiawan atau Ricky Kayame.

Gladiator harus hati-hati saat Piala Presiden 2019 berakhir. Pasalnya, menurut beberapa sumber, masa depan dirinya di Arema FC segera ditentukan oleh manajemen.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 dan Piala Presiden 2019 Lainnya Hanya di INDOSPORT