Liga Indonesia

Termasuk Arema FC, 5 Klub Ini 'Tendang' Pemain Asing Pasca Piala Presiden 2019

Selasa, 16 April 2019 16:14 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Wikipedia
Klub paling tega putus kontrak pemain asing usai Piala Presiden 2019 Copyright: © Wikipedia
Klub paling tega putus kontrak pemain asing usai Piala Presiden 2019

INDOSPORT.COM - Usai pagelaran pra musim kompetisi sepak bola Indonesia, Piala Presiden 2019 telah menghadirkan lima klub paling tega yang memutus kontrak pemain asing.

Kompetisi pra musim macam Piala Presiden memang menjadi sebuah gambaran bagi para kontestan Liga 1 untuk menyambut kompetisi baru.

Termasuk perekrutan pemain asing yang diharapkan bisa langsung nyetel akan keinginan pelatih ketika bermain di ajang pra musim seperti Piala Presiden.

Jika performa mereka tak sesuai keinginan, klub tak tanggung-tanggung untuk mencoret para legiun asing tadi sesuai klausul yang ada dalam kontrak.

Pencopotan pemain asing di klub-klub Liga Indonesia menjadi hal yang lumrah. Bahkan masalah ini juga bisa menimpa kepada para pelatih.

Nah, pasca Piala Presiden 2019 usai, sejauh ini terdapat lima klub yang telah memutus kontrak legiun-legiun asingnya. Kira-kira siapa saja mereka?

1. Arema FC

© INDOSPORT
Logo Arema FC. Copyright: INDOSPORTLogo Arema FC.

Klub paling tega pertama ialah Arema FC yang baru-baru ini mendepak striker asal Brasil Robert Lima Guimaraes alias Gladiator pasca Piala Presiden 2019.

Hal ini diutarakan langsung oleh General Manager Arema FC Ruddy Widodo. Ia mengatakan kalau pemutusan kontrak Gladiator membuat Arema FC juga membayar kompensasi.

"Yang jelas, kami sudah rugi lumayan besar. Pertama DP (Down Payment alias uang muka) yang sudah dibayar 25 persen dari kontraknya," kata Ruddy, Senin (1504/19).

2. Persela Lamongan

© INDOSPORT/Yooan Rizky Syahputra
Logo Tim sepak bola Logo Persela Copyright: INDOSPORT/Yooan Rizky SyahputraLogo Tim sepak bola Logo Persela Lamongan.

Kemudian ada klub tega lainnya seperti Persela Lamongan yang juga mendepak beberapa pemain asing pasca Piala Presiden 2019 berakhir.

Pemain-pemain yang dilepas ialah Washington Brandao (Brasil), Jairo Rodrigues Peixoto Filho (Brasil), dan Jose Augusto Sardon (Argentina).

Kabar pelepasan ini dibenarkan oleh pelatih Persela Aji Santoso yang menilai mereka tereliminasi berdasarkan hasil evaluasi sejak dua bulan terakhir.

3. PSIS Semarang

© INDOSPORT
Logo PSIS Semarang. Copyright: INDOSPORTLogo PSIS Semarang.

Selanjutnya ada PSIS Semarang yang juga ikut mendepak pemain asingnya, yakni gelandang Ibrahim Conteh ketika perhelatan Piala Presiden 2019 sedang berlangusng.

Menurut CEO PSIS Semarang Yoyok Sukawi kalau performa Ibrahim Conteh dinilai malah menurun pada 2019 ini dan tidak seprima di musim lalu.

“Performa Conteh menurun dan tidak sesuai dengan skema tim. Dia akan dilepas untuk dijual atau dipinjamkan,” ujar Yoyok di Semarang, Jumat (22/03/19).

4. Semen Padang

© INDOSPORT/Yooan Rizky Syahputra
Logo Semen Padang. Copyright: INDOSPORT/Yooan Rizky SyahputraLogo Semen Padang.

Kemudian ada Semen Padang yang juga tega mendepak pemain asing ketika perhelatan Piala Presiden 2019 berlangsung beberapa waktu lalu.

Dua pemain asing, yaitu Florent Zitte (Prancis) dan Victor Juffo yang harus dilepas oleh Semen Padang. Keduanya didepak pasti memiliki alasan tersendiri.

Menurut CEO Semen Padang Rinold Thamrin kalau Zitte batal dikontrak karena tak ingin diseleksi. Sedangkan Juffo mesti dipinggirkan karena cedera lama hingga delapan bulan.

5. Bhayangkara FC

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Bhayangkara FC. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTLogo Bhayangkara FC.

Berikutnya ada Bhayangkara FC yang juga mencoret pemain asing pasca perhelatan Piala Presiden 2019 berakhir usai dievaluasi oleh manajemen.

Ialah Raimundo da Silva alias Esquerdinha yang harus mengemasi barang bawaannya usai tak diteruskan Bhayangkara FC saat akan mengarungi Liga 1 2019.

"Evaluasi sudah kami lakukan, makanya kan pemain asing yang tidak sesuai dengan tim kami coret, Rubens dan satu penyerang yang dari awal sudah kami coret," ujar manajer Bhayangkara FC Sumardji di Jakarta, Selasa (16/04/19).

Meski begitu tak menutup kemungkinan ada klub-klub lainnya yang bakal mencoret pemain asingnya usai perhelatan Piala Presiden 2019, seperti Madura United, Persebaya, dan Persib yang dirumorkan akan melepas pemain asing.

Terus Ikuti Update Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

227