Liga Inggris

Biarkan Aston Villa Bobol Gawang Leeds United, Bielsa Dipuji Eks Manajer Legendaris Liga Inggris

Selasa, 30 April 2019 12:42 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Yohanes Ishak
© Leeds United
Marcelo Bielsa tuai pujian usai membiarkan pemain Aston Villa membobol gawang Leeds United. Copyright: © Leeds United
Marcelo Bielsa tuai pujian usai membiarkan pemain Aston Villa membobol gawang Leeds United.

INDOSPORT.COM - Marcelo Bielsa dipuji Arsene Wenger usai melakukan tindakan terpuji saat laga Leeds United vs Aston Villa di Divisi Championship alias kasta kedua sepak bola Inggris.

Seperti telah diketahui, Bielsa menginstruksikan para pemain Leeds United untuk membiarkan gawang mereka dibobol, menyusul gol Mateusz Klich pada menit ke-72 yang dinilai kontroversial. Ia tetap menggiring bola ketika pemain Aston Villa, Jonathan Kodjia, terkapar di lapangan.

Keputusan tersebut diambil Bielsa atas nama sportivitas dan pada akhirnya sampai ke telinga Wenger. Eks manajer yang telah berkecimpung di sepak bola Inggris selama 22 tahun tersebut pun melontarkan pujian setinggi langit.

“Itu benar-benar gestur yang luar biasa. Mereka bermain untuk mencapai Liga Primer Inggris dan ada hal yang dipertaruhkan,” kata Wenger, dikutip dari laman berita sports, Euronews.

Akibat keputusan Bielsa yang merelakan satu gol untuk Aston Villa, Leeds United harus rela melepas sementara tiket promosi ke Liga Primer Inggris. Hasil pertandingan kedua tim tersebut berakhir imbang 1-1 dan Leeds United harus tergusur ke peringkat ketiga.

Meski memuji aksi Bielsa, Wenger tetap merasa Leeds United layak disalahkan dalam kasus ini. Menurutnya, mereka tidak seharusnya tidak memanfaatkan kesempatan ketika situasi di lapangan sedang tidak kondusif.

“Memang hanya wasit yang bisa menghentikan pertandingan, bukan Aston Villa. Leeds memanfaatkan situasi dan di situlah letak kesalahan mereka,” jelas Wenger.

Laga Leeds United vs Aston Villa tersebut memang sempat berlangsung ricuh dan diwarnai pertikaian, yang berujung pada kartu merah Anwar El Ghazi pada menit ke-75. Gol hadiah Bielsa untuk Aston Villa terjadi pada menit ke-77 oleh Albert Adomah.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT