Liga Champions

Georginio Wijnaldum dan Moussa Sissoko: Bukti Nyata From Zero To Hero

Sabtu, 11 Mei 2019 02:21 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Yohanes Ishak
© Robbie Jay Barratt - AMA / Contributor / Getty Images
Gini Wijnaldum, yang akan bertemu bekas tandemnya di Newcastle United, Moussa Sissoko, di partai puncak Liga Champions 2018/19. Copyright: © Robbie Jay Barratt - AMA / Contributor / Getty Images
Gini Wijnaldum, yang akan bertemu bekas tandemnya di Newcastle United, Moussa Sissoko, di partai puncak Liga Champions 2018/19.

INDOSPORT.COM – Georginio Wijnaldum dan Moussa Sissoko akan saling bertarung di partai puncak Liga Champions 2018/19. Meski keduanya menjadi pilar penting di Liverpool dan Tottenham, tak banyak yang ingat bahwa mereka terdegradasi bersama Newcastle United pada tiga musim lalu (2015/16).

Saat itu, di bawah asuhan Steve McClaren dan Rafael Benitez, keduanya bertandem di lini tengah The Toon Army. Wijnaldum bermain dalam semua pertandingan liga yang dimainkan Newcastle. Gelandang asal Belanda itu bahkan menjadi top skorer tim dengan 11 golnya.

Sedangkan, Sissoko bermain satu kali lebih sedikit dari Wijnaldum, yang mana mencatatkan 37 penampilan. Pemain sepak bola asal Prancis ini mencetak satu gol dan delapan assists di kancah Liga Primer Inggris.

Kontribusi penting keduanya tak berhasil mempertahankan timnya tetap berlaga di kasta tertinggi liga sepak bola Inggris. Setelah hanya finish di posisi ke-18, keduanya langsung hengkang ke klubnya saat ini. Wijnaldum ditebus The Reds seharga 24,75 juta poundsterling (463 miliar rupiah), dan Sissoko dibeli Spurs dengan 31,5 juta poundsterling (590 miliar rupiah).

Bisa jadi, tak ada yang menyangka keduanya mampu mengangkat klub masing-masing ke partai puncak Liga Champions hanya dalam tiga musim. Terlebih, Liverpool dan Spurs sama-sama membukukan kemenangan comeback yang fantastis di leg kedua semifinal.

Wijnaldum, yang tak berkutik saat menghadapi Barcelona di Camp Nou, mencetak dua gol dalam kemenangan 4-0 atas anak asuh Ernesto Valverde di Anfield. Sissoko pun bermain penuh di lini tengah Spurs saat mengandaskan Ajax Amsterdam di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, dengan skor 3-2.

Namun, berbicara rekor pertemuan keduanya, Wijnaldum unggul atas Sissoko. Dilansir dari situs Transfermarkt, Wijnaldum bertemu dengan Sissoko pada Liga Primer Inggris pekan ke-25 (2016/17) dan pekan ke-32 (2018/19). Liverpool memenangkan keduanya dengan skor 2-0 dan 2-1 secara berurutan.

Pada laga final nanti, publik sepak bola dunia akan menyaksikan duel bekas tandem di Newcastle United ini di lini tengah. Pertanyaannya, apakah Wijnaldum akan memperpanjang rekor kemenangannya, ataukah Sissoko yang akan memperkecil ketinggalan di partai puncak tersebut.

Ikuti Update Berita Sepak Bola Liga Champions Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%