Liga Indonesia

Ada Persib, 5 Klub Liga 1 Ini Tak Mendepak Pemain Asing di Tengah Turnamen

Kamis, 16 Mei 2019 10:38 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Logo Liga 1 2019 Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga 1 2019

INDOSPORT.COM - Beberapa pemain asing menjadi korban pendepakan klub masing-masing di tengah turnamen pramusim jelang Liga 1 2019. Sejauh ini turnamen sepak bola Indonesia ternyata membukukan lima klub Liga 1 yang tak mendepak pemain asing di tengah jalan.

Sejak bernama Liga 1 pada 2017 lalu, jatah pemain asing berisi empat orang saja. Pada 2017, operator kompetisi menetapkan dua pemain asing non-Asia, satu legiun Asia, dan satu Marquee Player (2+1+1).

Setelah berganti musim, tepatnya 2018 dan 2019, operator turnamen sedikit menolak dengan memberlakukan tiga pemain asing non-Asia dan satu penggawa Asia (3+1).

Tentunya para kontestan Liga 1 akan mencari pemain asing yang memiliki kualitas mumpuni. Hal ini diharapkan kalau kehadiran mereka bisa membawa dampak signifikan bagi tim.

© INDOSPORT/Yooan Rizky Syahputra
4 Klub Liga 1 2019 yang Masih Punya Kuota Pemain Asing Copyright: INDOSPORT/Yooan Rizky Syahputra4 Klub Liga 1 2019 yang Masih Punya Kuota Pemain Asing

Kendati demikian, sudah menjadi rahasia umum tiba-tiba klub Liga 1 mendepak pemain asing di tengah kompetisi. Lalu menggantinya dengan legiun lainnya.

Meski begitu ada beberapa klub Liga 1 yang bertahan selama satu musim dengan pemain asing pilihannya dari awal. Mereka tak melepas sang pemain hingga Liga 1 berakhir.

1. Mitra Kukar

© INDOSPORT
Logo klub Mitra Kukar Copyright: INDOSPORTLogo klub Mitra Kukar

Klub pertama yang tak mendepak pemain asing sepanjang kompetisi Liga 1 adalah Mitra Kukar. Pada edisi 2017 lalu Mitra Kukar tak mendepak Jorge Gontor, Marclei santos, Oh In-kyun, dan Mohamed Sissoko.

Lalu pada 2018, Mitra Kukar juga tak mendepak satu pemain asing pun, seperti Mauricio Leal, Danny Guthrie, Fernando Rodriguez, dan Yoo Jae-hoon di tengah kompetisi.

Akan tetapi kini Mitra Kukar mesti terdegradasi dari Liga 1 usai finis di urutan ke-16 dengan mengoleksi 39 angka dari 34 laga.

2. Bali United

© Istimewa
Logo Bali United Copyright: IstimewaLogo Bali United

Bali United juga pernah melakukan hal serupa, di mana mereka tak sekalipun mendepak empat pemain asing di tengah kompetisi Liga 1. Hal itu terjadi pada edisi 2017 lalu.

Nama-nama seperti Marcos Flores, Sylvano Comvalius, Ahn Byung-keon, dan Nick van der Velden tetap bertahan selama satu musim di Bali United.

Akan tetapi tak melepas pemain asing hanya bertahan di musim 2017 saja. Sebab di 2018, Bali United sempat mendepak sebanyak tiga legiun.

3. Sriwijaya FC

© Tiyo Bayu Nugroho/INDOSPORT
Ilustrasi logo Sriwijaya FC. Copyright: Tiyo Bayu Nugroho/INDOSPORTIlustrasi logo Sriwijaya FC.

Klub Sriwijaya FC juga sempat tak mendepak pemain asing di tengah kompetisi saat masih berkiprah di Liga 1. Hal tersebut terjadi pada musim 2017 silam.

Sriwijaya FC saat itu mengontrak Alberto Goncalves, Hilton Moreira, Yoo Hyun-goo, dan Tijani Belaid. Keempatnya mampu membawa Sriwijaya FC finis di posisi ke-11 (42 poin).

Akan tetapi sekarang Sriwijaya FC harus terjerembab ke Liga 2 2019. Bahkan saat ini Laskar Wong Kito tengah berbenah dengan merekrut pemain berkualitas.

4. Persebaya Surabaya

© INDOSPORT
Logo Persebaya Surabaya Copyright: INDOSPORTLogo Persebaya Surabaya

Lalu Persebaya Surabaya juga pernah merasakan tak mendepak pemain asing ditengah kompetisi Liga 1. Persebaya melakukannya pada edisi 2018.

Saat itu Persebaya merekrut Robertino Pugliara, David da Silva, dan Otavio Dutra. Bajul Ijo merekrut tiga pemain asing itu usai promosi dari Liga 2 2017.

Robertino Pugliara, David da Silva, dan Otavio Dutra sukses membawa Persebaya finis diperingkat kelima Liga 1 2018 dengan mengoleksi 50 poin.

5. Persib Bandung

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Persib
Logo Persib Bandung. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/PersibLogo Persib Bandung.

Terakhir ada Persib Bandung yang juga tak mendepak pemain asing di tengah kompetisi Liga 1 berlangsung. Hal itu terjadi pada musim 2018 lalu.

Sejak awal musim, Persib langsung mengontrak Jonathan Bauman, Ezechiel N'Douassel, Bojan Malisic, dan Oh In-kyun. Performa apik mereka mampu membuat manajemen Persib tak macam-macam.

Keempatnya pun berhasil mengantarkan Persib finis diperingkat keempat klasemen Liga 1 2018 dengan mengumpulkan 52 poin dari 34 laga.

Terus Ikuti Update Liga 1 2019 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.