Liga Europa

4 Alasan Pentingnya Liga Europa Digelar

Sabtu, 25 Mei 2019 20:26 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© AgonaSport
Logo Liga Europa. Copyright: © AgonaSport
Logo Liga Europa.

INDOSPORT.COM - Dalam beberapa musim terakhir, Liga Europa seakan dianggap sebelah mata. Kini, kompetisi kasta kedua setelah Liga Champions sudah mulai diperhitungkan.

Bisa dibilang, Liga Europa kerap dijadikan ajang hiburan atau pelipur lara bagi sejumlah klub elite Eropa, bahkan tidak sedikit mereka ataupun para fans menilai kompetisi ini tak ada artinya.

Namun seiring berjalannya waktu, kompetisi sepak bola benua Eropa ini akhirnya mulai masuk dalam target sejumlah klub.

Meski keberadaannya masih tidak terlalu dianggap dan tidak seistimewa Liga Champions, namun setidaknya kompetisi ini seakan menjadi ‘Paket C’ bagi mereka yang ingin bermain di pentas Liga Champions.

Ya, setiap klub yang berhasil menjadi juara di kompetisi ini bisa mendapat tiket spesial untuk bermain di Liga Champions pada musim berikutnya tanpa harus melalui babak playoffs.

Berdasarkan sumber dari seluruh berita sepak bola internasional, klub yang menjuarai Liga Europa sebenarnya sudah mendapatkan jatah ke Liga Champions sejak musim 2014/15.

Hanya saja, saat itu mereka harus melalui babak playoffs, barulah di musim 2016/17 sudah diberlakukan aturan lolos otomatis ke Liga Champions dan klub yang merasakan pertama kali adalah Manchester United.

Jelas, situasi ini sangat menguntungkan bagi mereka yang tak mampu mengakhiri musim di batas akhir zona Liga Champions di kancah domestik.

Di sisi lain, Liga Europa masih banyak hal-hal yang sebenarnya terbilang penting untuk digelar. Apa sajakah itu? Berikut INDOSPORT memaparkannya:

Penambah Koleksi Gelar

© INDOSPORT
Trofi Liga Europa. Copyright: INDOSPORTTrofi Liga Europa.

Gelar Liga Europa bisa menjadi lebih dari gelar hiburan, karena setidaknya masih ada satu kompetisi bergengsi yang masih bisa diraih.

Jika ada klub yang meraih gelar ini, jelas mereka bisa menambah trofinya di lemari koleksi gelar mereka.

Tak hanya itu, Liga Europa juga bisa menjadi gelar yang cukup dibanggakan oleh setiap tim yang dalam satu musim telah kehilangan sejumlah gelar di kancah domestik.

Contohnya saja di musim 2018/19 ini, kedua finalis yang mempertemukan Chelsea vs Arsenal sama-sama tak mampu meraih gelar di Inggris.

Oleh karena itu, jika mereka berhasil menjadi juara Liga Europa, setidaknya masih ada 1 gelar yang bisa mereka dapatkan dalam satu musim, ketimbang tak mampu meraih gelar sama sekali.

Matangkan Taktik

© INDOSPORT
Unai Emery saat di laga Arsenal vs Liverpool Copyright: INDOSPORTUnai Emery, pelatih Arsenal.

Biasanya, bagi klub-klub raksasa yang bermain di Liga Europa akan memanfaatkan untuk mematangkan taktik, memantapkan kekompakan tim saat sedang menyerang maupun bertahan.

Bukan tak mungkin juga jika ada pelatih yang berani mencoba untuk memainkan taktik baru, apalagi saat melawan tim yang kurang diunggulkan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%