Liga Indonesia

4 Pemain Liga 1 Pernah Pakai Topeng Akibat Cedera Patah Tulang Hidung

Sabtu, 25 Mei 2019 16:01 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Akibat cedera di wajah, 4 pemain Liga 1 ini pernah pakai topeng diantaranya Andritany Ardhiyasa. Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Akibat cedera di wajah, 4 pemain Liga 1 ini pernah pakai topeng diantaranya Andritany Ardhiyasa.

INDOSPORT.COM - Sejauh ini sudah ada empat pemain pada ajang kompetisi sepak bola nasional Liga 1 yang pernah pakai topeng akibat cedera di wajah.

Cedera di wajah tersebut biasanya didapat akibat benturan keras ketika dalam pertandingan yang panas. Tak jarang tulang hidung pemain sepak bola bisa patah.

Alhasil, para pemain itu perlu menggunakan pelindung berupa topeng khusus untuk mengamankan wajah dari terjangan lawan agar cedera yang dialami tidak memburuk.

© Istimewa
Caption Copyright: IstimewaTopeng untuk pesepak bola guna melindungi wajah yang cedera.

Pemain sepak bola baik nasional maupun internasional kerap akrab dengan pelindung topeng. Sebab, pengaman tersebut bisa digunakan si pemain ketika berlaga.

Maka dari itu penggemar sepak bola nasional tampaknya mesti tahu kalau sudah ada beberapa pemain Liga 1 yang menggunakan pelindung topeng ketika bermain.

1. Petar Planic

© _petar_planic
Eks pemain PSIS Semarang, Petar Planic yang sedang berlatih dengan menggunakan topeng. Copyright: _petar_planicEks pemain PSIS Semarang, Petar Planic yang sedang berlatih dengan menggunakan topeng.

Mantan pemain asing asal Serbia milik PSIS Semarang Petar Planic juga pernah memakai topeng ketika masih mentas di Liga 1 2018 lalu.

Kejadian bermula saat Planic mengalami tabrakan dengan striker Ezechiel N'Douassel saat laga Persib vs PSIS Stadion Gelora Bandung Lautan Apidi pekan ke-14.

Akibat tabrakan tersebut Planic mengalami cedera hidung tetapi tidak terlalu parah. Dia pun harus menggunakan topeng untuk bertanding di Liga 1.

2. Bojan Malisic

© @persib_official
Bojan Malisic kenakan topeng Copyright: @persib_officialBojan Malisic kenakan topeng.

Kemudian ada bek Persib Bandung Bojan Malisic yang juga pernah tampil mengenakan pelindung topeng ketika berlaga di Liga 1 2018.

Malisic mengalami patah tulang hidung saat Persib vs Mitra Kukar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (08/04/18) silam.

Malisic berbenturan dengan Saepulloh Maulana yang membuat hidung pemain asal Serbia itu berdarah. Tim medis Persib pun langsung memberikan perawatan dan menyiapkan topeng agar Malisic bisa tampil kembali.

3. Andritany Ardhiyasa

© Herry Ibrahim/Indosport.com
Kiper Andritany melakukan pemanasan kecil sebelum memulai latihan. Copyright: Herry Ibrahim/Indosport.comKiper Andritany melakukan pemanasan kecil sebelum memulai latihan.

Kemudian ada kiper Persija Jakarta Andritany Ardhiyasa yang juga pernah memakai pelindung topeng di kompetisi Liga 1 usai bertabrakan saat membela Timnas Indonesia di ajang Anniversary Cup 2018.

Andritany mengalami cedera pada tulang pipi dan penyangga mata yang membuatnya sempat mendapat perawatan intensif di rumah sakit.

Usai menjalani operasi, Andritany pun sudah diperbolehkan latihan ringan dan kembali bisa memperkuat Persija Jakarta di Liga 1 2018.

4. Otavio Dutra

© persebaya.id
Wajah Otavio Dutra tengah di scan guna ketepatan dalam pemasangan topeng di Rumah Sakit Universitas Airlangga Copyright: persebaya.idWajah Otavio Dutra tengah di scan guna ketepatan dalam pemasangan topeng di Rumah Sakit Universitas Airlangga

Terakhir adalah calon bek naturalisasi Otavio Dutra yang juga mengalami cedera patah hidung saat Persebaya Surabaya melakoni uji coba bertajuk Jogo Suroboyo Game, awal Mei 2019.

Saat itu Dutra mengalami benturan dengan pemain Persela Lamongan yang membuatnya absen selama tiga bulan dan tak tampil di laga perdana Liga 1 bersama Persebaya.

Dutra pun akhirnya harus mengenakan pelindung topeng jika ingin tampil bersama Persebaya di Liga 1. Kini topengnya sedang dibuat agar bisa dikenakan.