Liga Indonesia

Jelang Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2019, Andritany Ardhiyasa Suarakan Gerakan Tribun Tanpa Asap

Rabu, 29 Mei 2019 16:56 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Lanjar Wiratri
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Ferry Indrasjarief (Ketua Umum The Jakmania/Inisiator Gerakan Tribun Tanpa Asap) dan Andritany Ardhiyasa (Kapten Timnas Sepak bola Senior dan Persija Jakarta) jelang hari tanpa tembakau sedunia 2019 Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Ferry Indrasjarief (Ketua Umum The Jakmania/Inisiator Gerakan Tribun Tanpa Asap) dan Andritany Ardhiyasa (Kapten Timnas Sepak bola Senior dan Persija Jakarta) jelang hari tanpa tembakau sedunia 2019

INDOSPORT.COM - Jelang hari tanpa tembakau sedunia yang jatuh pada 31 Mei 2019, Koalisi Nasional Masyarakat Sipil Untuk Pengendalian Tembakau menyelenggarakan konferensi pers.  Ikut dalam sesi konferensi pers tersebut, Kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa, juga menyerukan gerakan tribun anti asap.

Konferensi pers jelang hari tanpa tembakau sedunia mengangkat tema "Harapan Masyarakat Sipil Terhadap Presiden Indonesia Terpilih dan PSSI" pada Kamis (28/05/19) di daerah Cawang, Jakarta Selatan. 

Konferensi pers ini bertujuan untuk memperluas gerakan pengendalian tembakau di Indonesia. Lebih spesifik, acara ini juga membahas keterkaitan penggunaan rokok dengan olahraga, khususnya sepak bola. Terciptanya stadion bebas asap rokok dan asap flare pun jadi salah satu tujuan utamanya.

Oleh karena itu, acara ini turut mengundang beberapa narasumber terkait seperti Ifdhal Kasim (Koordinator Nasional Masyarakat Sipil Untuk Pengendalian Tembakau), Sudibyo Markus (Koordinator Program Nasional Indonesia Institute for Social Development), dan Hafizh Syafa’aturrahman (Ketua Umum PP Ikatan Pelajar Muhammadiyah).

Lalu dari bidang sepak bola ada Ferry Indrasjarief (Ketua Umum The Jakmania/Inisiator Gerakan Tribun Tanpa Asap) dan Andritany Ardhiyasa (Kapten Timnas Sepakbola Senior dan Persija Jakarta).

"Saya sangat setuju sekali dengan Gerakan Tribun Tanpa Asap, karena di tribun itu kan orang mau menonton dengan aman, nyaman, dan tiada penyakit,"

"Kalau kita lihat seperti di Eropa, banyak sekarang anak-anak kecil atau balita itu bisa datang ke stadion tanpa menghirup asap, baik asap rokok maupun asap flare," ujar Andritany pada acara tersebut. 

Tidak sampai di sana, Andritany juga menyerukan pesan kepada para penonton, khususnya The Jakmania yang masih merokok dalam stadion. 

"Untuk para suporter yang masih merokok di dalam stadion, coba stop. Karena hanya 90 menit Anda tidak memegang batang rokok, dan stadion bukan hanya milik Anda tapi juga milik orang-orang yang ingin menikmati sepak bola," seru adik dari Indra Kahfi Ardhiyasa ini dengan tegas. 

Dalam acara ini, Masyarakat Sipil juga mendorong PSSI untuk mengadopsi kebijakan FIFA yaitu "Tobacco Free Policy for FIFA Events". Hal tersebut diungkapkan oleh Ifdhal Kasim selaku Koordinator Koalisi Nasionl Masyarakat Sipil Untuk Pengendalian Tembakau. 

"FIFA saja sudah tidak menerima bantuan sponsor dari industri rokok. Bagaimana dengan PSSI sendiri? Kita masih melihat ada bantuan sponsor rokok terselubung di dalam program Garuda Select,"

"Kita juga masih bisa melihat bantuan sponsor rokok di beberapa klub sepak bola tanah air. Kami berharap PSSI segera mengadopsi kebijakan FIFA terkait Tobacco Free Policy tersebut," pungkas Ifdhal.