Liga Indonesia

Pasca Libur Lebaran, Pemain PSIS Semarang Bakal Jalani 'Ujian'

Minggu, 9 Juni 2019 17:31 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Setelah lebaran, para pemain PSIS Semarang akan diberi materi yang menguji apakah mereka menjalankan tugas dari tim pelatih dengan benar. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Setelah lebaran, para pemain PSIS Semarang akan diberi materi yang menguji apakah mereka menjalankan tugas dari tim pelatih dengan benar.

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang dijadwalkan kembali menggelar latihan sepak bola rutin di Magelang, Senin (10/06/19) pagi.

Tim sepak bola berjulukan Laskar Mahesa Jenar memang memberikan jatah libur lebaran cukup panjang yakni 1-9 Juli 2019.

Tak sekadar liburan, Hari Nur Yulianto dan kawan-kawan juga mendapat tugas. Yakni kewajiban berlatih mandiri untuk menjaga kebugaran selama menjalani liburan.

Asisten pelatih PSIS, Budi Kurnia, menjelaskan besok para pemain diwajibkan melahap beberapa metari. Terutama untuk menlihar sejauh mana pemain menjalankan beberapa tugas yang diberikan tim pelatih.

"Besok rencana kita timbang berat badan dulu, apakah ada kenaikan atau tidak. Jadi sebelum latihan pemain tidak makan dulu, hanya sarapan kecil," kata Budi kepada awak portal berita olahraga INDOSPORT, Sabtu (09/06/19).

Lebih rinci, Budi memaparkan para pemain juga akan melahap materi cooper test dan beep test. Rangkaian tes itu dilakukan untuk mengukur kebugaran dan ketahanan fisik para pemain.

Cooper test dilakukan dengan cara berlari selama 12 menit. Sementara untuk beep test, pemain berlari terus menerus di antara dua garis yang berjarak 20 meter selama terdengar suara beep yang sudah direkam sebelumnya.

"Nah dari test itu kita bisa ukur kondisi terbaru pemain seperti apa. Kita sudah ada patokan level pemain saat sebelum liburan dicatat. Jadi bisa ketahuan pemain yang berlatih mandiri dan tidak dan ada sanksi," tambah asisten pelatih sepak bola asal Garut, Jawa Barat itu.

"Sebelum liburan pemain sudah diberi beberapa materi seperti jogging. Kami memang lebih ke maintenance dan sifatnya menjaga kebugaran saja," tegas mantan pelatih fisik klub sepak bola Persis Solo itu.

Sekadar informasi, setelah lebaran PSIS Semarang dijadwalkan menghadapi Bali United dalam lanjutan pekan kelima Shopee Liga 1 2019 (kasta tertinggi bola Indonesia) pada 21 Juni 2019 mendatang.