In-depth

Antara Kenny Tete, Mino Raiola dan Darah Indonesia

Selasa, 11 Juni 2019 07:00 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Expressen/INDOSPORT
Karena Mino Raiola, Kenny Tete satu agensi dengan bintang Manchester United, Paul Pogba. (Foto: Expressen/INDOSPORT) Copyright: © Expressen/INDOSPORT
Karena Mino Raiola, Kenny Tete satu agensi dengan bintang Manchester United, Paul Pogba. (Foto: Expressen/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Pemain berdarah Indonesia yang kini berkewarganegaraan Belanda, Kenny Tete ternyata satu agensi dengan pemain top sekelas Paul Pogba, di bawah naungan agen terkenal yaitu Mino Raiola.

Kabar ini sangat mengejutkan tentunya, pasalnya Kenny Tete berarti satu agensi dengan para pemain top dunia, seperti Pogba, Marco Verratti, Konstantinos Manolas, Henrikh Mkhitaryan, Mario Balotella hingga Zlatan Ibrahimovic.

Tidak hanya para pemain top dunia, berdasarkan Transfermarkt, Kenny Tete juga satu agensi Mino Raiola bersama para wonderkid yang siap mendunia sebut saja, Gianluigi Donnarumma, Justin Kluivert dan Moise Kean.

Mino Raiola sendiri memang merupakan salah satu pemilik agensi terbesar di sepak bola dunia. Bahkan menurut Forbes, Mino Raiola Sports Agency berada di peringkat ke-10 agensi terbaik di dunia olahraga.

Dengan umur masih 23 tahun, tentu segala harapan terletak di pundak Kenny Tete, apalagi dengan mengetahui dia tergabung bersama agensi milik Mino Raiola yang terkenal di seantero sepak bola Eropa.

Namun Kenny Tete juga harus hati-hati dalam perjalanan kariernya, pasalnya tak sedikit masalah yang ditimbulkan akibat sikap kontroversial Mino Raiola sejauh ini.

Sosok Raiola, Bocah yang Dikeluarkan dari Sekolah Hukum

© Getty Images
Pogba dan sang agen, Mino Raiola, saat membela Juventus. Copyright: Getty ImagesPogba dan sang agen, Mino Raiola, saat membela Juventus.

Bernama lengkap Carmine 'Mino' Raiola ini sebenarnya lahir di Italia pada tahun 1967 silam. Saat masih balita, keluarganya pindah ke Belanda dan hingga kini hidup di negara kincir angin itu.

Sejak balita tinggal dan besar di Belanda, Raiola pun fasih berbahasa Belanda. Dia pun sempat bekerja untuk ayahnya sebagai negosiator dengan para pembeli di restorannya sambil dia menekuni pendidikan di sekolah hukum.

Setelah keluar dari sekolah hukum tersebut, Mino Raiola pun mulai terjun ke dunia sepak bola. Dia menjabat sebagai direktur olahraga untuk klub HFC Harlem saat masih berusia 19 tahun. Namun di sana, dia tidak tahan dengan manajemen klub.

Sejak muda memang punya mental pembangkang dan berpengalaman negosiasi sejak masih remaja karena sang ayah, Raiola pun bergabung dengan agensi olahraga di Belanda yang bernama Sport-Promotion.

Di agensi tersebut, Raiola punya andil dalam salah satu transfer yang kelak pemain tersebut menjadi pemain top dunia. Yaitu Dennis Bergkamp ke Inter Milan pada tahun 1993 silam.

Hanya bertahan sebentar, Raiola memutuskan untuk membuat agensi atas namanya sendiri dan langsung membuat gebrakan.

Tahun 1966, kepindahan Pavel Nedved dari Sparta Praha ke Lazio juga membuat namanya semakin melambung sebagai agen sepak bola.

Dia juga terkenal dekat dengan sosok pesepakbola arogan yakni Zlatan Ibrahimovic. Bahkan kepindahan Ibrahimovic dari Ajax ke Juventus pada musim panas 2004 merupakan hasil karya besar Raiola yang membuat dirinya dimusuhi oleh manajemen Ajax kala itu.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%