Bola Internasional

Gagal Juara Liga Champions, Barcelona Masih Tertinggi di Ranking Koefisien UEFA

Selasa, 25 Juni 2019 12:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Shaun Botterill/Getty Images
Philipe Coutinho (tengah) terlihat kecewa setelah Barcelona kalah dan gagal ke babak final Liga Champions 2018/19. Copyright: © Shaun Botterill/Getty Images
Philipe Coutinho (tengah) terlihat kecewa setelah Barcelona kalah dan gagal ke babak final Liga Champions 2018/19.

INDOSPORT.COM – Klub Barcelona masih memuncaki ranking koefisien UEFA meskipun gagal menjuarai turnamen Liga Champions di musim 2018/19. Liverpool, sang jawara, hanya puas menduduki peringkat ketiga.

Barcelona kembali gagal mewujudkan tekad untuk menjuarai Liga Champions di musim 2018/19, sejak terakhir kali memenangkkannya pada musim 2014/15. Bahkan, selama dua musim terakhir berturut-turut mereka gagal mencapai babak final.

Meski begitu, Barcelona tetap menjadi raja di daftar rangking koefisien yang dirilis oleh UEFA  baru-baru ini.  Barcelona mengantongi 30 ribu poin di daftar pertama, disusul Chelsea dengan yang poin sama usai menjuarai Liga Europa 2018/19.

Raksasa Catalan itu mengungguli jawara Liga Champions 2018/19, Liverpool, yang berada di posisi ketiga dengan perolehan 29 ribu poin.

Kegagalan Barcelona di turnamen sepak bola bergengsi di Eropa itu tak lepas dari kesuksesan Liverpool yang melakukan comeback dramatis saat bentrokan kedua kubu di babak semifinal Liga Champions musim lalu.

Tim besutan Ernesto Valverde itu sebelumnya memetik kemenangan 3-0 di leg pertama atas The Reds, namun dibalas 0-4 oleh kubu Jurgen Klopp di pertemuan kedua. Alhasil, Barcelona kalah 3-4 secara agregat, yang mana membuat Lionel Messi kesal bukan main.

Ajax Amsterdam dan Arsenal berada di belakang Liverpool di peringkat keempat dan kelima dengan perolehan poin masing-masing 27 ribu dan 26 ribu.

Sementara Tottenham Hotspur dan Manchester City  membuntuti di posisi keenam dan ketujuh dengan perolehan 26 ribu dan 25 ribu. Valencia menjadi juru kunci dalam daftar 10 besar daftar tersebut, di belakang Eintracht Frankfurt dan Porto FC.

Namun, secara mengejutkan Real Madrid terlempar di peringkat ke-14. Padahal, selama tiga musim berturut-turut mereka memuncaki daftar peringkat tersebut.

Selengkapnya, berikut ini 10 besar rangking koefisien UEFA dilansir dari situs resmi UEFA.com:

1. Barcelona

2. Chelsea

3. Liverpool

4. Ajax Amsterdam

5. Arsenal

6. Tottenham Hotspur

7. Manchester City

8. Eintracht Frankfurt

9. Porto FC

10. Valencia

Berikut adalah daftar lengkap ranking Koefisien UEFA:

© UEFA.com
Barcelona memuncaki daftar 10 Besar Rangking Koefisien UEFA Copyright: UEFA.comBarcelona memuncaki daftar 10 Besar Rangking Koefisien UEFA
© UEFA.com
Real Madrid terlempar di posisi ke-15 rangking koefisien UEFA Copyright: UEFA.comReal Madrid terlempar di posisi ke-15 rangking koefisien UEFA
IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%