Bola Internasional

Indonesia Kalah Jauh, Filipina Kini Punya 13 Pemain di Liga Thailand

Sabtu, 6 Juli 2019 14:57 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Diam-diam menghanyutkan, peribahasa ini barangkali cocok disematkan untuk Filipina. Sebab, di tengah prestasi tim nasional yang belum cemerlang, para pemain mereka kini berbondong-bondong direkrut tim di Liga Thailand musim 2019, yang notabene kompetisi terbaik di Asia Tenggara.

Menurut catatan media berita sport asal Malaysia, Vocketfc.com, setidaknya ada 13 pemain yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Thailand. Rata-rata klub peminatnya mereka adalah tim ternama.

Seperti aktivitas baru-baru ini, Suphanburi FC resmi mendatangkan pemain sepak bola dari Kedah FA, Alvaro Silva. Ia diharapkan bisa mengangkat performa tim yang sedang tercecer di posisi 15.

Kemudian, Muangthong United resmi memboyong Daisuke Sato, pemain yang berposisi bek kiri itu didatangkan dari klub Divisi 1 Rumania, Sepsi OSK.

Pemain sepak bola baru lainnya asal Filipina adalah Martin Steuble. Ia didatangkan dari klub Filipina, Ceres Negros, untuk bersaing di Liga Thailand bersama Port FC.

Berikut daftar 13 pemain Filipina yang berkarier di Liga Thailand.

1. Javier Patino (striker) - Ratchaburi Mitr Phol, dipinjam dari Buriram United.
2. Mark Hartmann (striker) - Nakhon Ratchasima FC
3. Manuel Ott (gelandang) - Ratchaburi Mitr Phol
4. Iain Ramsay (gelandang) - Sukothai FC
5. Amin Nazari (gelandang) - Ratchaburi FC
6. Kevin Ingreso (gelandang) - Buriram United
7. Adam Reed (gelandang) - Chainat Hornbill
8. Daisuke Sato (bek) - Muangthong United
9. Stephen Palla (bek) - Buriram United
10. Alvaro Silva (bek) - Suphanburi FC
11. Martin Steuble (bek) - Port FC
12. Marco Casambre (bek) - Chainat Hornbill
13. Micheal Falkesgaard (kiper) - Bangkok United

Jika dibandingkan dengan Filipina, Indonesia bisa dibilang kalah jauh karena hanya ada dua pemain yang mampu menembus Liga Thailand 2019, yakni Yanto Basna bersama Sukothai FC dan Victor Igbonefo yang berseragam PTT Rayong.

Dengan demikian, Indonesia juga harus bersiap dengan kekuatan baru Timnas Filipina. Jika biasanya skuat Garuda harus bersaing dengan Malaysia, Vietnam, dan Thailand, kini Filipina akan menjadi pesaing berat lainnya di Asia Tenggara.