Liga Indonesia

Kampanye Tribun Tanpa Asap Rokok, Ini Aksi Keren Suporter Persija Jakarta

Minggu, 7 Juli 2019 19:24 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Ferry Indrasjarief (Ketua Umum The Jakmania/Inisiator Gerakan Tribun Tanpa Asap) dan Andritany Ardhiyasa (Kapten Timnas Sepak bola Senior dan Persija Jakarta) jelang hari tanpa tembakau sedunia 2019 Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Ferry Indrasjarief (Ketua Umum The Jakmania/Inisiator Gerakan Tribun Tanpa Asap) dan Andritany Ardhiyasa (Kapten Timnas Sepak bola Senior dan Persija Jakarta) jelang hari tanpa tembakau sedunia 2019

INDOSPORT.COM – Tak hanya sebatas slogan, gerakan Tribun Tanpa Asap Rokok mulai dilakukan secara nyata oleh The Jakmania. Aksi positif pendukung fanatik Persija Jakarta terlihat jelas pada pertandingan menghadapi PSS Sleman di Stadion Patriot Candrabhaga, Rabu (3/7/19) lalu.

Melalui sebuah video yang diunggah oleh akun Papayan01 Channel di platform berbagi video YouTube, pemandangan tanpa asap rokok nampak jelas terjadi pada laga Liga 1 2019 antara Persija vs PSS Sleman.

Pada pertandingan itu, The Jakmania fokus berteriak dan bernyanyi untuk mendukung Persija. Nyaris tak ada kepulan asap rokok di antara mereka.

Gerakan Tribun Asap Rokok awalnya dicetuskan oleh Ketua Umum The Jakmania. Ia menilai, asap rokok sangat mengganggu kenyamanan penonton lain yang berada di tribun.

"Football for all, jadi semua berhak untuk datang ke stadion tanpa merasa terganggu oleh asap. Anak kecil dan balita kan juga banyak yang datang ke stadion. Semua berhak datang tanpa merasa terganggu oleh asap dan pemandangan yang tidak enak," kata Ferry.

Ide itu kemudian disambut oleh suporter Persija lainnya. Hal itu terlihat dari respon positif yang diberikan usai pertandingan menghadapi PSS Sleman.

“Jangan ngerokok terus. Persija butuh nyanyianmu. Bukan asap rokokmu,” kata salah satu pendukung Persija.

“Ayo Jak, fokus pertandingan. Matiin rokoknya. Kalau loe cinta Persija, loe tahu aturan di tribun,” timpal pendukung lainnya.

Lebih lanjut, Ferry tak lupa mendorong dan mendukung penuh apabila PSSI membuat regulasi khusus mengenai kampanye Tribun Tanpa Asap, di mana semua klub sepak bola diwajibkan menjalankan program tersebut.

"Perlu diperjuangkan agar menjadi regulasi di PSSI karena isu ini sudah meluas dan banyak yang mendukung. Saya kepikiran suatu waktu akan bikin video bareng pemain Persija untuk mengampanyekan Gerakan Tribun Tanpa Asap dan menyampaikannya ke PSSI dan masyarakat luas," tegas Ferry.