Liga Indonesia

Bintang U-23 Liga 1 2019 Pekan Ini: Irfan Jaya, Semakin Matang dan Buas

Senin, 8 Juli 2019 11:19 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Yohanes Ishak
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Irfan Jaya tengah mengeksekusi bola ke arah gawang Persib Bandung Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Irfan Jaya tengah mengeksekusi bola ke arah gawang Persib Bandung

INDOSPORT.COM - Winger Persebaya Surabaya, Irfan Jaya tampaknya layak dinobatkan sebagai bintang U-23 Liga 1 2019 usai performanya yang semakin matang dan buas.

Bukan tanpa sebab penyematan tersebut dilekatkan ke Irfan Jaya. Lantaran penampilan pemain 23 tahun ini begitu berkembang seiring berjalannya waktu.

Hal itu terlihat jelas bagaimana performanya kala Persebaya Surabaya vs Persib Bandung di Stadion Gelora Bung Tomo, Jawa Timur, Jumat (05/07/19) lalu.

Pertandingan yang berjalan sangat panas sejak menit awal ini membuat Persebaya sempat membuat peluang matang dari sisi kanan pada menit ke-13.

Bek kanan Novan Sasongko memberikan umpan terobosan kepada Irfan Jaya. Ia pun langsung penetrasi dan memberikan umpan tetapi masih bisa dihalau kiper Persib.

Empat menit berselang, Irfan Jaya kembali mengeluarkan kemampuan buasnya dalam mengolah bola. Irfan mampu membuat Ardi Idrus tampak kualahan.

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Irfan Jaya berusaha mengejar bola dari pemain Persib Bandung. Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTIrfan Jaya berusaha mengejar bola dari pemain Persib Bandung.

Lalu Irfan juga apik dalam memberikan ancaman pada peluang Ardi pada menit ke-46. Irfan berhasil menutup kesempatan Ardi untuk mengontrol bola dan melepaskan tendangan dengan kaki andalannya, yaitu kiri.

Kematangan Irfan semakin terlihat jelas ketika memberikan umpan matang kepada Amido Balde. Karena ia melihat celah yang berhasil dimanfaatkan Balde dengan baik.

Umpan tersebut pun berhasil dijadikan gol oleh Amido Balde. Tentu saja tanpa kejelian Irfan melihat ruang Amido tak akan terjadi gol tersebut.

Selain itu beberapa peluang juga sempat dibuat Irfan. Tepatnya pada menit ke-70, usai menerima operan Dzhalilov, ia berhasil menusuk dan melepaskan tendangan yang masih bisa diblok kiper lawan.

Sampai akhirnya ia bisa mencetak gol keempat untuk Persebaya pada menit ke-81, usai melakukan beberapa akselerasi dalam menusuk ke dalam kotak penalti.

Meski bisa memberikan umpan ke rekannya, tetapi ia dengan yakin kalau tendangan kerasnya bisa menghasilkan gol dan terbukti.

Ulasan tadi juga yang mendukung Irfan Jaya dari Persebaya layak dinobatkan sebagai bintang U-23 Liga 1 2019 pekan ini versi redaksi berita olahraga INDOSPORT.