Bola Internasional

On This Day: Brasil Dicukur Jerman 7-1 di Semifinal Piala Dunia 2014

Senin, 8 Juli 2019 07:08 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Getty Images
Brasil vs Jerman di semifinal Piala Dunia 2014 Copyright: © Getty Images
Brasil vs Jerman di semifinal Piala Dunia 2014

INDOSPORT.COM - Tanggal 08 Juli tercatat menjadi tanggal kelam dalam sejarah sepak bola Brasil. Tepat di tanggal tersebut pada lima tahun lalu, Brasil mengalami kekalahan terburuk di Piala Dunia saat dibantai Jerman 7-1. 

Tampil sebagai tuan rumah Piala Dunia 2014, Brasil yang melenggang ke semifinal mendapat dukungan penuh dari puluhan ribu suporter yang memadati Mineirao Stadium. Walau lawannya Jerman, Brasil kala itu jadi tim yang lebih diunggulkan untuk melaju ke final. 

Namun siapa sangka, tak sekedar kalah, Tim Samba malah dipermalukan. Sebanyak tujuh gol bersarang ke gawang Brasil yang dijaga Julio Cesar. 

Diawali oleh gol dari Thomas Muller pada menit 11', keran gol Jerman seperti tak berhenti. Dalam waktu enam menit, Der Panzer berhasil mencetak empat gol. Masing-masing dari Miroslav Klose (23'), Toni Kroos (23', 26'), dan Sami Khedira (29'). 

Pada babak kedua, Brasil gagal memperbaiki penampilan. Alih-alih mengejar gol, Brasil malah kebobolan lagi lewat aksi Andre Schurrle pada menit 69' dan 79'. Brasil akhirnya hanya mampu menetak gol hiburan pada menit 90' melalui pemain muda, Oscar. 

Gelandang Jerman, Toni Kroos. menjadi bintang malam itu. Tak hanya mencetak brace, ia juga menjadi motor serangan Timnas Jerman. Kehebatan Toni Kroos di laga itu membawanya pada karier gemilang di Real Madrid hingga saat ini. 

Para pemain Brasil terlihat sangat terpukul selepas wasit meniupkan peluit akhir pertandingan. Sementara Jerman bersorak karena mampu menghancurkan salah satu rival abadinya tersebut dengan skor sangat telak.