Bola Internasional

Menolak Pensiun, ‘Tsubasa Ozora’ Dunia Nyata Pilih Turun Kasta ke Liga 2

Sabtu, 13 Juli 2019 18:20 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Etsuo Hara/Getty Images
Mantan pemain Jubilo Iwata, Shunsuke Nakamura. Copyright: © Etsuo Hara/Getty Images
Mantan pemain Jubilo Iwata, Shunsuke Nakamura.

INDOSPORT.COM - Masih ingat dengan gelandang flamboyan asal Jepang, Shunsuke Nakamura? Namanya memang sduah meredup, namun legenda sepak bola berjulukan Tsubasa Ozora itu rupanya masih aktif sebagai pesepak bola.

Memasuki usia 41 tahun, Shunsuke Nakamura rupanya masih enggan untuk gantung sepatu dan baru-baru ini justru menandatangani kontrak bersama klub kasta kedua Liga Jepang, Yokohama FC.

Berpengalaman tampil di kompetisi sepak bola Eropa, Nakamura mendapatkan misi untuk mengembalikan kejayaan Yokohama FC dan kembali ke Liga 1 Jepang atau J-League. 

Namun rekor yang dicatatkan Nakamura saat memutuskan bergabung dengan klub di usia 41 tahun rupanya bukan apa-apa jika dibandingkan pendahulunya, Kazuyoshi Miura.

Pemain yang akrab disapa 'King Kazu' itu masih aktif membela Yokohama FC meski sudah berusia lebih dari setengah abad, tepatnya 52 tahun. Dia memegang rekor pemain sepak bola profesional tertua di dunia yang masih aktif bermain.

Musim ini, Miura telah tampil dalam dua laga membela klub sepanjang tahun lalu. Dia sudah bermain delapan kali, hanya saja di usia senjanya sang legenda cukup kesulitan membukukan gol sebagaimana di masa mudanya.

Miura memegang banyak catatan positif yang luar biasa, salah satunya adalah menjadi satu-satunya pemain yang muncul di Piala Dunia 1998 dan masih bermain secara profesional.