In-depth

Posisi Gelandang Bertahan, Bisa Sempurnakan Los Galacticos Jilid 3 Real Madrid

Sabtu, 27 Juli 2019 14:23 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
Ilustrasi posisi pemain di lini tengah. Copyright: © INDOSPORT
Ilustrasi posisi pemain di lini tengah.

INDOSPORT.COM - Real Madrid masih membutuhkan pemain untuk posisi gelandang bertahan. Berikut 3 pemain yang bisa melengkapi Los Galacticos jilid 3 Real Madrid. 

Salah satu klub terbesar di dunia mulai kembali berambisi untuk membentuk Los Galacticos jilid 3 di musim 2019/20. Belanja besar-besaran pemain bintang ini dilakukan setelah terpuruk di musim 2018/19 lalu. 

Musim lalu, Real Madrid ditinggal oleh Cristiano Ronaldo yang hijrah ke Juventus. Sedangkan pemain yang didatangkan seperti Vinicius Junior belum mampu berbuat banyak. 

Namun musim ini Real Madrid kembali serius berburu pemain. Sejauh ini, Real Madrid sudah merekrut Eden Hazard, Luka Jovic, Eder Militao, Ferland mendy, dan Rodrygo Silva de Goes. 

Melihat sejumlah pemain yang direkrut Real Madrid, maka jelas terlihat sektor penyerangan seperti striker dan winger sudah mumpuni. 

Begitu juga lini belakang, yang kehilangan Theo Hernandez dan Fabio Coentrao sudah bisa ditutupi dengan datangnya Eder Militao dan Ferland Mendy. 

Tetapi, ada satu lini yang tentunya masih menjadi problem bagi Real Madrid, yaitu lini tengah. Lini tengah Real Madrid saat ini terbilang kedalamannya masih kurang baik. 

Saat ini Real Madrid hanya memiliki Toni Kroos, Luka Modric, Federico Valverde, dan Isco. Posisi gelandang bertahan pun saat ini praktis menyisakan Casemiro

Padahal, Real Madrid kehilangan Mateo Kovacic dan Marcos Llorente yang dijual, serta Dani Ceballos yang dipinjamkan ke Arsenal. 

Luka Modric, Toni Kroos, dan Isco adalah produk dari tim generasi sebelumnya dan butuh penyegaran. Sedangkan Casemiro, tentunya butuh pelapis yang sepadan untuk posisinya sebagai gelandang bertahan. 

Jika Casemiro absen, lini tengah Real Madrid mudah sekali untuk ditembus. Seperti yang terlihat dalam laga International Champions Cup (ICC) 2019 antara Real Madrid vs Atletico Madrid. 

Terlihat sekali gelandang-gelandang tengah Real Madrid (Isco, Toni Kroos, dan Luka Modric) kesulitan dalam transisi menyerang ke bertahan. 

Akibatnya, pemain lawan dengan mudah bisa menembus ke lini belakang dan kotak penalti Real Madrid, dan anak asuh Zinedine Zidane ini kebobolan 7 gol. 

Oleh sebab itu, pemain dengan posisi gelandang bertahan adalah kebutuhan utama Real Madrid saat ini untuk menyempurnakan program Los Galacticos jilid 3. 

Gelandang Terdahulu 

Sejak era Los Galacticos pertama, Real Madrid selalu punya gelandang kelas wahid di dalam skuatnya. Setelah punya Claude Makalele, Real Madrid kemudian mendatangkan Esteban Cambiasso pada musim 2002/03. 

Setelah kedua pemain tersebut hengkang, Real Madrid kemudian mendatangkan Thomas Gravesen untuk menyeimbangkan lini tengah pada musim 2004/05. 

Kemudian saat dipegang oleh Fabio Capello musim 2006/07, 3 gelandang bertahan sekaligus datang ke Real Madrid, yaitu Mahamadou Diarra, Fernando Gago, dan Emerson. 

Mahamadou Diarra bahkan masih ada saat Real Madrid memasuki Los Galacticos jilid 2. Mahamadou Diarra menjadi tandem yang tepat bagi Xabi Alonso saat itu. 

Real Madrid di era Jose Mourinho juga sempat punya Nuri Sahin sebagai gelandang bertahan, lalu ada Michael Essien yang sempat singgah dan Fabio Coentrao yang juga sering dipasang Jose Mourinho sebagai gelandang bertahan. 

Namun saat dipegang Carlo Ancelotti di musim 2013/14 gelandang bertahan Real Madrid mulai berkurang kekuatannya. 

Meski sempat ada Asier Illaramendi, posisi gelandang bertahan di Real Madrid mulai terlupakan dan menyisakan Casemiro seorang saat ini.

Pemain yang Bisa Direkrut

Untuk menjawab problem tersebut, tentunya Real Madrid harus merekrut gelandang bertahan agar tak hanya mengandalkan Casemiro, dan sebagai perisai pertama penahan serangan lawan. 

Salah satu pemain yang bisa direkrut Real Madrid tentunya adalah Ngolo Kante. Karier Ngolo Kante melejit setelah membawa Leicester City juara Liga Primer Inggris kemudian pindah ke Chelsea. 

Pemain seperti Ngolo Kante yang lihai membaca arah serangan lawan, jago dalam merebut bola, dan juga bisa menjadi penghubung lini belakang dan depan sangat sesuai dengan kebutuhan Real Madrid saat ini. 

Alternatif lain yang bisa dijajaki oleh Real Madrid adalah Emre Can. Emre Can tak hanya bisa menyeimbangkan lini tengah, tetapi juga bisa bermain sebagai bek tengah. 

Melihat Juventus yang saat ini sudah mendatangkan Adrien Rabiot dan Aaron Ramsey, serta ada Blaise Matuidi dan Miralem Pjanic, bisa saja Emre Can hengkang ke klub lain, mirip seperti tahun 2018 lalu saat Liverpool kedatangan Fabinho yang punya posisi sama dengan Emre Can. 

Satu lagi pemain yang bisa menyerang dan bertahan dengan baik saat ini adalah Marco Verratti. Marco Verratti bisa menjadi opsi rekrutan bagi Real Madrid untuk menyempurnakan Los Galacticos jilid 3