In-depth

Penyelamatan Kiper Liverpool Melanggar Aturan FIFA? Begini Penjelasannya

Kamis, 15 Agustus 2019 15:35 WIB
Editor: Rafif Rahedian
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Penjaga gawang kedua Liverpool, Adrian baru saja keluar sebagai pahlawan setelah berhasil melakukan penyalamatan di babak adu penalti melawan Chelsea dalam ajang Piala Super Eropa 2019, Kamis (15/08/19) dini hari WIB.

Mantan penjaga gawang West Ham United tersebut sangat berperan penting dalam membantu Liverpool menjuarai Piala Super Eropa 2019. Ia mampu menggagalkan usaha Tammy Abraham sebagai penendang terakhir di babak adu penalti.

Alhasil, Liverpool berhasil mengalahkan Chelsea lewat drama adu penalti dengan skor 5-4. Sekedar informasi, kedua tim Liga Primer Inggris tersebut hanya bermain imbang 1-1 di 90 menit waktu normal.

Hasil ini pun membuat Liverpool membawa pulang trofi Piala Super Eropa keempat setelah sebelumnnya meraih kemenangan pada tahun 1977, 2001, dan 2015.

Publik Anfield pun nyatanya harus berterima kasih banyak kepada Adrian, yang sukses menjalankan tugasnya dengan sangat baik. Dirinya mampu menjadi pengganti Alisson Becker yang cukup baik, tak seperti kiper pelapis yang dimiliki Liverpool musim lalu.

Meski begitu, nyatanya banyak yang menilai bahwa penyalamatan krusial yang dilakukan Adrian saat menggagalkan usaha Tammy Abraham, melanggar aturan FIFA. Karena Adrian sendiri bergerak maju sebelum Tammy menendang bola.

Menurut aturan FIFA pasal 14 tentang penalti, “Kiper yang bertahan harus tetap di garis gawang, menghadap ke arah penendang, antara tiang gawang sampai bola telah ditendang.”

Apabila penjaga gawang melanggarnya, maka wasit berhak mengambil keputusan untuk mengulang tendangan penalti tersebut. Tapi hal itu tidak dilakukan oleh wasit wanita yang memimpin laga Liverpool vs Chelsea, yakni Stephanie Frappart.

Beberapa pihak, termasuk pendukung Chelsea, nampaknya agak sedikit kecewa melihat tayangan ulang yang memperlihatkan kaki Adrian yang melangkah maju dari garis gawangnya. Sebagian dari mereka mempertanyakan peran VAR dalam insiden ini.

Karena memang seharusnya wasit menggunakan VAR untuk meninjau lebih jauh tentang sah atau tidaknya sebuah gol, apalagi di laga krusial seperti Piala Super Eropa. Karena ini jelas merugikan salah satu pihak.