Liga Indonesia

Pilih Pemain Senior untuk Timnas Indonesia U-22, Ini Kriteria Indra Sjafri

Minggu, 1 September 2019 21:01 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Lanjar Wiratri
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Indra Sjafri mengawasi skuat Timnas Indonesia U-22 saat menjalani latihan di Lapangan YIS, Sleman, Selasa (27/08/19) pagi. Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Indra Sjafri mengawasi skuat Timnas Indonesia U-22 saat menjalani latihan di Lapangan YIS, Sleman, Selasa (27/08/19) pagi. Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Indra Sjafri punya kesempatan memilih dua pemain senior untuk melengkapi skuat Timnas Indonesia U-22 untuk menatap SEA Games 2019. Saat ini ada 10 pemain yang terus diamati untuk jadi bagian dari tim Garuda Muda, termasuk untuk pemain senior.

Masih ada waktu 18 hari lagi untuk menentukan 40 pemain yang didaftarkan mengikuti ajang dua tahunan ini. Dari 40 nama tersebut, setiap negara diperbolehkan mendaftarkan lima pemain senior.

Uniknya, saat penyelenggaraan nanti, setiap tim hanya bermaterikan 20 pemain. Jumlah ini tentunya sangat minim, dari biasanya setiap tim diperbolehkan memiliki 23 pemain saat penyelenggaraan.

Praktis, setiap negara, termasuk Indonesia harus berhati-hati dalam memilih pemain. Pasalnya, pada fase grup, setiap negara akan bermain dua hari sekali. Hanya ada waktu recovery satu hari dalam lima partai.

Padatnya jadwal SEA Games membuat Indra Sjafri tak gegabah dalam menentukan pemain senior. Dia tak ingin pemain senior nanti kehabisan bensin, atau malah berpotensi cedera, karena melakoni laga berdekatan.

"Harus benar-benar selektif dalam menentukan pemain senior. Terpenting kita lihat kebugarannya. Apakah sang pemain senior ini bisa main lima kali berturut-turut, dengan jeda setiap laga hanya satu hari. Ini perlu hati-hati," ucap Indra Sjafri saat ditemui di Denpasar, Sabtu (21/08/19).

Indra Sjafri mengaku sudah punya bayangan tentang 17 pemain, ditambah tiga kiper saat babak utama nanti. Namun, kerangka ini berpeluang berubah. Masih ada waktu untuk mengamati para pemain yang dipanggil.

"Mumpung jadwal pendaftaran diundur sampai 20 September, kita harus manfaatkan betul waktu tersisa ini. Baik pemain u-22 maupun senior baru akan saya tetapkan pada 19 September nanti," tuturnya.