Liga Indonesia

Maitimo vs Pluim: Persaingan Posisi Gelandang Serang di PSM Makassar

Kamis, 5 September 2019 18:56 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© ary_photo
Kapten PSM Makassar, Wiljan Pluim saat beraksi di atas lapangan. Copyright: © ary_photo
Kapten PSM Makassar, Wiljan Pluim saat beraksi di atas lapangan.

INDOSPORT.COM – Klub papan atas Liga 1 2019, PSM Makassar baru saja mendatangkan pemain naturalisasi asal Belanda, Raphael Maitimo pada bursa transfer paruh musim.

Itu terjadi ketika mantan pemain Timnas Indonesia tersebut harus diputus kontraknya oleh klub Liga 2 2019, PSIM Yogyakarta. PSM pun langsung bergerak cepat untuk mengamankan jasa Maitimo.

Sekedar informasi tambahan, tim yang mendapatkan julukan Juku Eja tersebut juga mendatangkan pemain ternama lainnya, yakni Amido Balde dan Firza Andika.

Dengan kedatangan Maitimo ini, PSM pun kini memiliki cukup banyak gelandang. Beberapa gelandang itu adalah Marc Klok, Rasyid Bakri, Muhammad Arfan, dan Wiljan Pluim.

Maitimo sendiri harus bersaing dengan jenderal lapangan tengah milik PSM, yakni Pluim. Kedua pemain kelahiran Belanda itu harus membuktikan diri siapa yang pantas mendapatkan tempat utama di lini tengah PSM.

Memang sedikit mustahil jika menggeser Pluim dari posisi utamanya, mengingat gelandang berkebangsaan Belanda tersebut telah memeberikan kontribusi yang nyata. Ia mampu mengemas 2 gol dan 3 assists dari 7 laga.

Akan tetapi, bukan tidak mungkin Maitimo mampu membuktikan kualitasnya sebagai gelandang yang sempurna dan menggeser peran Pluim. Karena pada laga melawan Persela Lamongan, Maitimo sudah diberikan kesempatan bermain sejak menit-menit awal.

© Media PSM
Raphael Maitimo (kiri) bersama CEO PSM Munafri Arifuddin, saat diresmikan menjadi pemain baru Juku Eja. Copyright: Media PSMRaphael Maitimo (kiri) bersama CEO PSM Munafri Arifuddin, saat diresmikan menjadi pemain baru Juku Eja.

Dirinya dipercaya sebagai starter dengan memainkan peran di lini tengah bersama dengan Pluim dan Rasyid Bakri. Mantan pemain Persib Bandung tersebut pun bermain 90 menit pada pertandingan tersebut.

Melihat situasi ini bukan tidak mungkin jika pelatih Kalezic bakal sedikit bingung untuk memilih memainkan Pluim atau Maitimo untuk memainkan peran di lini tengah. Apabila sang pelatih lebih memilih Maitimo sebagai gelandang utama, bukan berarti Pluim akan dicadangkan.

Nantinya, Pluim bisa saja ditempatkan di posisi berbeda dari sebelumnya dengan bermain sedikit melebar dari biasanya. Dengan begitu, Maitimo bisa memainkan peran sebagai pemain tengah di sisa kompetisi Liga 1 2019.

Meski mendapatkan kesempatan bermain sejak awal pertandingan pada laga melawan Persela, bukan berarti Maitimo bakal mendapatkan tempat utama seterusnya. Karena dirinya diberikan kesempatan tampil setelah Marc Klok mendapatkan akumulasi kartu.

Apabila Klok bisa dimainkan, maka kemungkinan besar pelatih Kalezic bakal lebih memilih Klok ketimbang Maitimo. Meski begitu, tidak ada yang bisa menerka skema yang akan diturunkan Kalezic di sisa kompetisi Liga 1 2019.