Liga Inggris

Bikin Meme Rekan Setim, Bintang Manchester City Diganjar Hukuman FA

Kamis, 3 Oktober 2019 14:46 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Bernardo Silva dijatuhi hukuman larangan bermain setelah membuat meme Benjamin Mendy yang dianggap berbau rasisme. Copyright: © Getty Images
Bernardo Silva dijatuhi hukuman larangan bermain setelah membuat meme Benjamin Mendy yang dianggap berbau rasisme.

INDOSPORT.COM – Gelandang Manchester City, Bernardo Silva, diganjar larangan bertanding enam laga oleh FA Inggris atas unggahan meme di media sosial yang ditujukan ke rekan setimnya, Benjamin Mendy.

Dilansir dari Sportbible, pernyataan FA Inggris menyatakan bahwa Bernardo Silva dihukum atas tindakannya yang melanggar Peraturan E3 terkait ejekan berbau rasisme.

“Diduga aktivitas pemain Manchester City (Silva) melangga FA Rule E3 (1) karena menghinda dan/atau tidak pantas dan/atau membuat pertandingan jadi buruk," demikian bunyi pernyataan FAInggris.

“Lebih lanjut diduga kegiatan tersebut merupakan ‘Pelanggaran yang Diperburuk’, yang didefinisikan dalam FA Rule E3 (2), karena termasuk referensi, baik tersurat maupun tersirat, terhadap ras dan/atau warna dan/atau ras etnis."

Pemain internasional Portugal itu diberi waktu sampai 9 Oktober 2019 untuk menjawab putusan tersebut atau dirinya menerima larangan enam kali pertandingan.

Perlu diketahui, Bernardo Silva dituding melakukan pelecehan berbau rasial saat dia mengunggah gambar di Twitter-nya, Minggu (22/09/19), hari di mana dia mencetak gol pertama untuk Manchester City dalam kemenangan 8-0 atas Watford di Liga Inggris.

Dalam postingan tersebut, Silva menyamakan Benjamin Mendy dengan karakter di sebuah merek permen ‘Conguitos’. Permen ini beredar sangat popular di Spanyol dan Portugal.

Namun, postingan itu langsung dihapus setelah menerima hujatan dari orang-orang yang menilainya terlalu ofensif atau rasis terhadap rekan setimnya sendiri, Mendy.

Mengetahui aksinya mulai diselidiki FA Inggris, dia kemudian mengirim surat kepada dewan dan mengaku menyesal telah menyinggung isu rasisme lewat postingan tersebut.

Sebelumnya, Mendy, selaku sahabat karib Silva juga telah mengirim surat kepada FA untuk mendukung bintang asal Portugal itu agar tidak dikenai hukuman.