Liga Italia

4 Pelatih Nganggur yang Bisa Dilirik AC Milan untuk Gantikan Marco Giampaolo

Sabtu, 5 Oktober 2019 13:12 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Getty Images
Mantna pelatih Arsenal, Arsene Wenger yang dikabarkan segera melatih AC Milan di bulan Januari 2019. Copyright: © Getty Images
Mantna pelatih Arsenal, Arsene Wenger yang dikabarkan segera melatih AC Milan di bulan Januari 2019.

INDOSPORT.COM - AC Milan kembali dibuat senewen dengan hasil kerja pelatih anyarnya, Marco Giampaolo. I Rossoneri lagi-lagi harus tumbang 1-3 kala menjamu Fiorentina di San Siro, Senin (30/09/19) lalu.

Ini adalah kekalahan ketiga beruntun yang harus diterima Rossoneri di Serie A setelah sebelumnya kalah dari Inter Milan dan Torino.

Kekalahan atas Fiorentina pun membuat posisi Marco Giampaolo tidak aman. Pasalnya, ini sudah kali ketiga beruntun Milan menelan kekalahan. 

Manajemen Milan dikabarkan tengah menimbang-nimbang calon pengganti Giampaolo. Jika benar dalam waktu dekat manajemen Milan mencari pengganti Giampaolo, maka mereka pun wajib mempertimbangkan empat pelatih yang sedang 'nganggur' di bawah ini. 

1. Arsene Wenger

Arsene Wenger merupakan salah satu pelatih papan atas yang tengah menaggur saat ini. Meninggalkan Arsenal pada akhir musim lalu, Wenger belum lagi menangani tim baru. 

Ini merupakan kesempatan Milan untuk menawarinya pekerjaan di San Siro. Pasalnya, Arsene Wenger sangat terbuka jika ada tim yang cocok dengannya. 

"Setelah meninggalkan Arsenal, saya mendapat beberapa penawaran yang beberapa di antaranya membuat saya tertarik. Jadi, saya rasa Anda akan bisa melihat saya duduk di tepi lapangan lagi, meskipun saya tidak tahu kapan waktunya," ujar Wenger dilansir dari Corriere dello Sport

2. Luciano Spalletti

Luciano Spalletti merupakan salah satu pelatih top Italia yang tengah nganggur usai berpisah dengan Inter Milan akhir musim lalu. 

Melatih klub-klub besar bukan hal baru bagi Spalletti. Sebelum memegang Inter, pelatih berkepala plontos itu pernah memegang AS Roma dan Zenit St. Petersburg. 

Mengembang misi mulia untuk mengembalikan AC Milan ke level teratas sepak bola Eropa tentu bukan tugas mudah. Namun, Spalletti diyakini tahu apa yang akan diperbuatnya di AC Milan. 

Selain terbukti memiliki kualitas oke dalam meramu tim juara, ia juga piawai memanfaatkan kondisi tim untuk mendapatkan hasil maksimal. 

3. Claudio Ranieri

Nama Claudio Ranieri juga masuk ke dalam bursa calon pelatih baru AC Milan. Pelatih senior asal Italia ini kebetulan juga tengah menganggur. 

Claudio Ranieri sendiri dikenal sebagai pelatih 'alternatif' bagi klub-klub besar. Maksudnya adalah, ia sering direkrut klub-klub besar khusus untuk membantu menyelesaikan sampai akhir musim atau keluar dari jurang degradasi. 

Ranieri tercatat pernah menjadi pelatih Juventus, AS Roma, sampai Inter Milan. Kebanyakan ia hanya melatih selama satu sampai dua musim saja. 

Jika Milan mau mencari pelatih sementara untuk menyelamatkan tim sampai akhir musim, maka Ranieri orang yang cocok. 

4. Massimiliano Allegri

AC Milan sudah delapan tahun absen meraih scudetto. Terakhir kali Rossoneri meraihnya adalah pada musim 2010-2011 saat masih diasuh oleh pelatih muda potensial Italia kala itu, Massimiliano Allegri. 

Allegri adalah pahlawan Milan dalam memutus rantai dominasi Inter di Serie A kala itu. Akan tetapi, hanya dua musim saja Allegri bertahan.

Dengan status Allegri yang menganggur usai dilepas Juventus, maka tak ada salahnya jika kita memasukkan Allegri ke dalam bursa pelatih baru AC Milan. 

Allegri sendiri dalam sebuah kesempatan menyatakan tak menutup kemungkinan kembali ke AC Milan, walau bukan dalam waktu dekat.