Bola Internasional

Hadapi Timnas Indonesia, Media Vietnam Ketar-ketir dengan Wasit

Minggu, 13 Oktober 2019 11:17 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Isman Fadil
© Dok. AFC
Wasit asal Arab Saudi, Turki Alkhudhayr. Copyright: © Dok. AFC
Wasit asal Arab Saudi, Turki Alkhudhayr.

INDOSPORT.COM - Wasit yang akan memimpin pertandingan Timnas Indonesia versus Timnas Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Selasa (13/10/19) telah diputuskan. Dia adalah Turki Alkhudhayr.

Turki Alkhudhayr merupakan wasit berpaspor Arab Saudi. Ia juga akan ditemani oleh dua asisten dari negaranya, yakni Mohammed Al Abakry dan Khalaf Zaid Alshammari.

Ofisial keempat atau biasa dikenal wasit cadangan juga dari Arab Saudi. Ia adalah Shukri Alhunfush. Keempatnya dijadwalkan tiba di Bali pda Minggu (13/10/19).

Namun, terpilihnya Turki Alkhudhayr sebagai pengadil lapangan mendapat respon negatif dari media Vietnam, Zing.vn. Sebab, ia dianggap kerap merugikan Timnas Vietnam.

Pada fase grup Piala AFF 2018, wasit asal Arab Saudi itu memimpin laga Vietnam melawan Malaysia. Namun, ogah memberikan kartu merah kepada pemain Malaysia Shahrul Saad setelah menyikut Nguyen Cong Phuong.

Beberapa insiden pelanggaran juga terjadi di kotak terlarang Malaysia, akan tetapi Turki Alkhudhayr tidak memberikan hadiah penalti.

Tak hanya itu, kepemimpinan Turki Alkhudhayr juga dianggap kontroversi saat memimpin pertandingan Vietnam melawan Korea Selatan di fase grup Piala Asia U-23 2018.

Vietnam dihukum tendangan penalti dalam laga tersebut. Alhasil, The Golden Stars tumbang dengan skor tipis 1-2 atas Korea Selatan.

Selama kariernya sebagai pengadil lapangan, Turki Alkhudhayr telah mengeluarkan 250 kartu kuning dan 16 kartu merah. Ia juga sudah 36 kali memberikan hukuman penalti.