Bola Internasional

Negara Kurcaci Eropa Raih Kemenangan Perdana di Kualifikasi Euro Sejak 21 Tahun

Minggu, 13 Oktober 2019 20:13 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© TheSun
Andorra memutus rentetan tanpa kemenangan selama 21 tahun di Kualifikasi Euro dengan mengalahkan Moldova 1-0, Jumat (11/10/19). Copyright: © TheSun
Andorra memutus rentetan tanpa kemenangan selama 21 tahun di Kualifikasi Euro dengan mengalahkan Moldova 1-0, Jumat (11/10/19).

INDOSPORT.COM – Andorra sedang mengalami hari yang sangat baik. Negara kurcaci sepak bola Eropa itu baru saja mengalahkan Moldova 1-0 dalam ajang Kualifikasi Euro 2020, Jumat (11/10/19), sekaligus memutus rentetan tanpa kemenangan selama 21 tahun.

Sejak berpartisipasi di Kualifikasi Euro pertama kali pada 1998, Andorra selalu menelan kekalahan. Mereka bahkan tak meraih satu pun hasil imbang. Oleh karenanya, kemenangan ini menjadi sejarah yang patut dirayakan untuk persepakbolaan Andorra.

Dalam laga melawan Moldova tersebut, Andorra bermain di hadapan publik sendiri. Tim asuhan Koldo Alvarez terbantu karena pemain tim tamu, Radu Ginsari, diganjar kartu merah pada menit ke-55.

Hal ini langsung membuka peluang Andorra untuk mencetak gol. Hal ini terbukti ketika Vales Gonzalez mencetak gol sundulan pada menit ke-63. Meski Moldova kemudian menguasai jalannya laga, skor akhir 1-0 bertahan hingga usai.

Hasil ini mengangkat Andorra naik satu peringkat di grup H dengan menggeser Moldova. Meski kedua negara sama-sama mengemas tiga poin, Andorra unggul selisih gol. Kedua negara saat ini berada di bawah Turki, Prancis, Islandia, dan Albania.

Andorra sendiri akrab dengan tren tanpa kemenangan selama bertahun-tahun. Dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia, mereka pernah tak meraih kemenangan selama 13 tahun (2004-2017). Mereka juga belum meraih tiga poin di ajang UEFA Nations League.

Tak hanya itu, publik sepak bola Tanah Air mungkin pernah ingat bahwa Andorra pernah beruji coba melawan Timnas Indonesia. Kedua negara bertemu pada 26 Maret 2014. Dalam laga tersebut, Indonesia meraih kemenangan berkat gol Raphael Maitimo.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%