Liga Indonesia

3 Eks Manchester United dan Liverpool yang Main di Liga 1

Sabtu, 19 Oktober 2019 18:07 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Yohanes Ishak
© John Peters/Manchester United via Getty Images
Eric Djemba-Djemba, mantan pemain klub Liga Inggris Manchester United yang dipecat Persebaya Surabaya. Foto: John Peters/Manchester United via Getty Images Copyright: © John Peters/Manchester United via Getty Images
Eric Djemba-Djemba, mantan pemain klub Liga Inggris Manchester United yang dipecat Persebaya Surabaya. Foto: John Peters/Manchester United via Getty Images

INDOSPORT.COM - Liga 1 atau Liga Indonesia pernah menjadi pelabuhan mantan pemain klub Liga Inggris Manchester United dan Liverpool.

Pekan ke-9 Liga Inggris akan diramaikan dengan pertandingan panas antara Manchester United vs Liverpool, Minggu (20/10/19), di Old Trafford.

Laga tersebut tentu telah dinanti-nanti pendukung Manchester United dan Liverpool yang memiliki basis besar di Indonesia. Di balik gemerlap kompetisi Negeri Ratu Elizabeth, ternyata eks pemain kedua tim pernah merasakan kerasnya kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Keragaman budaya dan masyarakatnya yang gila bola menjadi salah satu daya tarik dari eks pemain Manchester United dan Liverpool untuk berseragam salah satu klub Indonesia.

Setidaknya ada tiga eks pemain Manchester United dan Liverpool yang pernah tampil di Liga 1 atau Liga Indonesia. Berikut INDOSPORT merangkumnya untuk Anda.

Eric Djemba-Djemba

©
Caption Copyright: Eric Djemba-Djemba, eks Manchester United yang pernah bela klub Liga Indonesia, Persebaya Surabaya

Eric Djemba-Djemba datang ke Manchester United pada musim panas 2003 dari Nantes. Sir Alex Ferguson berharap sosok pemain asal Kamerun itu bisa jadi penerus Roy Keane.

Djemba-Djemba dijual Manchester United ke Aston Villa pada Januari 2005. Ia mulai berpetualang ke berbagai klub hingga akhirnya berlabuh ke Persebaya Surabaya (Bhayangkara FC) pada 2015.

Sayangnya, pada saat itu PSSI sedang dilanda konflik internal. Liga Super Indonesia terpaksa batal di tengah jalan dan sepak bola Indonesia mendapatkan sanksi dari FIFA.

Pada awal tahun 2016, Djemba-Djemba pernah memperkuat Persipa Padalarang di liga amatir. Selama berada di Indonesia, ia mengaku menyukai makanan bakso.

Mohamed Sissoko

© Dailystar.co.uk
Mantan pemain Liverpool, Mohamed Sissoko resmi gabung Mitra Kukar FC. Copyright: Dailystar.co.ukMantan pemain Liverpool, Mohamed Sissoko, yang pernah berseragam klub Liga 1 Mitra Kukar

Mohamed Sissoko pindah dari Valencia ke Liverpool pada musim panas 2005. Ia menjadi bagian dari The Reds saat meraih juara Piala FA 2006.

Setelah hengkang dari Liverpool, Sissoko menolak tawaran Barcelona dan merapat ke Juventus. Usai membela Levante pada 2015, ia hijrah ke Asia dan sampai ke Mitra Kukar pada 2017.

Penampilannya cukup impresif dengan catatan lima gol dari 26 penampilan. Ia juga sangat menikmati atmosfer Indonesia yang mayoritas beragama Islam.

Danny Guthrie

© Getty Images
Danny Guthrie saat masih berseragam Liverpool. Copyright: Getty ImagesEks pemain klub Liga 1 Mitra Kukar, Danny Guthrie, saat masih berseragam Liverpool.

Danny Guthrie besar di akademi Manchester United dan Liverpool. Namun demikian, ia menjalani debut di tim senior Liverpool pada musim 2005.

Namanya mulai melambung saat memperkuat Newcastle United selama hampir enam musim. Setelah membela Blackburn Rovers, ia memutuskan menerima tawaran Mitra Kukar di Liga 1 2018.

Bersama Naga Mekes, Guthrie hampir selalu menjadi pilihan utama. Ia tampil sebanyak 29 kali dan mampu mengemas dua gol serta dua assists.

Sayangnya, Mitra Kukar terdegradasi ke Liga 2 pada akhir musim. Guthrie sempat dikaitkan dengan sejumlah klub Liga 1, namun ia memilih bergabung ke Walsall FC di kasta keempat Liga Inggris.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
50%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%