Liga Indonesia

9 Laga Tanpa Menang, Tira-Persikabo Bantah Terbelit Masalah Finansial

Jumat, 25 Oktober 2019 07:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Rahmad Darmawan saat hadiri sesi konferensi pers sebelum pertandingan Liga 1 2019. Copyright: © Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Rahmad Darmawan saat hadiri sesi konferensi pers sebelum pertandingan Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Tira-Persikabo masih belum mampu keluar dari tren negatif di Shopee Liga 1 2019. Mereka kembali gagal menang ketika menjamu Arema FC dalam laga pekan ke 24, Kamis (24/10/19).

Bermain di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Tira-Persikabo hanya mampu memetik hasil imbang 1-1. Kondisi ini memperpanjang paceklik kemenangan yang telah berlangsung selama sembilan laga Shopee Liga 1 2019 terakhir.

Hal ini berbanding terbalik dengan apa yang diraih Tira-Persikabo di awal musim, di mana mereka yang tak terkalahkan dalam 13 laga secara berturut-turut.

Penurunan ini tentu menjadi tanda tanya besar. Umumnya sebuah klub mengalami keterpurukan lantaran terbelit masalah finansial, hal ini secara tegas dibantah oleh pelatih Rahmad Darmawan.

"Saya bantah, tidak ada sama sekali (terlilit masalah finansial)," tegas Rahmad Darmawan di Stadion Pakansari, Kamis (24/10/19).

Pelatih yang kerap disapa coach RD ini menjelaskan bahwa ada hal yang lain diderita para pemain Tira-Persikabo, yakni psikologis dan faktor kelelahan.

"Saya kasih sedikit contoh, banyak hal yang harus dimengerti. Sebuah tim ditargetkan dan didesain berdasarkan target. Contoh, Bali United, Madura United, PSM, mereka didesain menghadapi tiga kompetisi. Mereka siapkan 1-20 pemain di bench sama dengan starter," cetus RD.

"Ada hal lain, yakni kebugaran fisik dan psikologi pemain. Kelelahan menjadi satu. Yang lebih susah kalau terus berlangsung. Sekali lagi problem kita bukan itu (finansial). 100 persen Tira-Persikabo sangat top soal finansial," tukas Rahmad Darmawan.