Liga Indonesia

Intip Duel Terakhir Persija vs Persebaya di GBK, Macan Kemayoran Berjaya

Selasa, 17 Desember 2019 08:23 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Yohanes Ishak
© Total Soccerindo
Pertandingan Liga 1 2019, Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya Copyright: © Total Soccerindo
Pertandingan Liga 1 2019, Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya

INDOSPORT.COM - Intip kembali duel terakhir Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya di Gelora Bung Karno (GBK) dalam kompetisi Liga Indonesia, di mana skuad Macan kemayoran berhasil berjaya.

Dalam pertandingan lanjutan Liga 1 pekan ke-33, duel sengit dan panas akan terjadi saat tuan rumah sekaligus sang juara bertahan Persija Jakarta menjamu rival era perserikatan yang kini tengah naik daun, Persebaya Surabaya.

Tampil di stadion Gelora Bung Karno (GBK), Persija yang akan memainkan laga kandang terakhir mereka musim ini, bakal tampil habis-habisan demi meraih tiga poin sekaligus melengkapi rekor tak terkalahkan saat jumpa Persebaya musim ini.

Pada pertemuan pertama di Surabaya, Macan Kemayoran berhasil mencuri poin dari markas lawan setelah bermain sama kuat 1-1. Simic jadi pahlawan di laga tersebut berkat golnya menit ke-68'.

Jika Persija menginginkan kemenangan di laga kandang terakhir mereka, maka Persebaya Surabaya datang bukan tanpa ambisi. Skuat berjuluk Bajul Ijo tersebut incar poin penuh demi menjaga asa finish sebagai runner up, dan membuka kesempatan tampil di Asia.

Berbekal dua kepentingan berbeda, laga kedua kesebelasan pada sore (17/12/19) nanti dipastikan berjalan panas dan bakal menghasilkan berbagai drama yang sayang untuk dilewatkan.

Demi menambah panas tensi laga, berikut INDOSPORT coba rangkum kembali pertemuan terakhir Persija vs Persebaya di stadion Gelora Bung Karno dalam kompetisi Liga Indonesia.

Seperti diketahui, jika Persija dan Persebaya merupakan rival bebuyutan sejak era perserikatan hingga era Liga Super sehingga tidak jarang keduanya saling berjumpa dalam laga kandang dan tandang.

Pertemuan terakhir antara Persija vs Persebaya di Gelora Bung Karno (GBK) terjadi di gelaran Liga Super 2009/10, tepatnya dalam laga lanjutan pekan ke-8.

Dalam pertandingan yang disaksikan oleh 26.645 orang tersebut, tim tamu Persebaya sempat unggul hingga dua gol lewat lesakkan Andi Oddang menit ke-3' dan Korinus Fingkreuw menit ke-6'. Skor 2-0 menutup babak pertama.

Tertinggal dua gol saat pertandingan belum genap 10 menit, Persija langsung bangkit dan selepas jeda mereka langsung bermain cepat. Laga baru berjalan semenit di babak kedua, Bambang Pamungkas membuka keran gol Persija.

Macan Kemayoran masih tertinggal, namun semangat para pemain tidak kendur dan secara bergantian dua ujung tombak mereka yang dikomandoi Aliyudin dan Bambang Pamungkas berhasil membalik keadaan.

Aliyudin menyamakan kedudukan menit 57', kemudian disusul brace Bepe menit ke-75'. Persebaya sempat kembali unggul lewat sepakan Josh James Maguire menit 72', namun Aliyudin menghantarkan Persija menang lewat golnya menit 84'. 

Skor akhir menjadi 4-3 untuk keunggulan Persija atas Persebaya. Itu adalah pertemuan terakhir kedua tim saat bertanding di Stadion Gelora Bung Karno, pasalnya di akhir musim Persebaya harus turun kasta ke divisi dua sehingga duel kontra sang rival (Persija) tidak lagi pernah terjadi dalam kurun waktu hampir tujuh tahun lamanya.

Barulah di musim 2018/19 Persebaya kembali ke kasta teratas Liga Indonesia, dan kesempatan bertemu dengan musuh bebuyutan mereka (Persija) kembali terjadi.

Sayangnya di musim tersebut Persija harus menjadi tim musafir dan jarang mendapat kesempatan bermain di GBK, sehingga kesempatan Bajul Ijo membalaskan dendamnya terhadap sang macan gagal terlaksana.

Kini saat Persija resmi kembali menggunakan GBK, layak dinanti pertarungan dua eks juara perserikatan di lanjutan Liga 1 pada Selasa (17/12/19) sore WIB nanti.

Mampukah Persebaya balaskan dendam lamanya, atau malah Persija yang kembali mengaumkan suaranya di markas sendiri.