In-depth

Statistik Membuktikan Bambang Pamungkas Memang Harus Pensiun di Liga 1 2019

Minggu, 22 Desember 2019 11:25 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Liga 1 2019 sudah berakhir untuk Persija Jakarta dan mereka harus kehilangan sang legenda klub, Bambang Pamungkas yang baru saja memutuskan pensiun. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Liga 1 2019 sudah berakhir untuk Persija Jakarta dan mereka harus kehilangan sang legenda klub, Bambang Pamungkas yang baru saja memutuskan pensiun.

INDOSPORT.COM - Liga 1 2019 sudah berakhir untuk Persija Jakarta dan mereka harus kehilangan sang legenda  klub, Bambang Pamungkas yang baru saja memutuskan pensiun.

Kepastian Bambang Pamungkas pensiun dan tak lagi membela Persija Jakarta sebagai pemain di musim mendatang diumumkan usai pertandingan menghadapi Persebaya Surabaya di pekan ke-33 Liga 1, Selasa (17/12/19) kemarin.

Bambang Pamungkas juga diberikan kesempatan spesial untuk mengucapkan salam perpisahan kepada Persija Jakarta dan juga Jakmania usai laga yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Keputusan Bepe untuk pensiun ini nyatanya tak hanya membuat pendukung Persija bersedih, akan tetapi seluruh pecinta sepak bola Indonesia akan merasa kehilangan.

Mengingat, Bambang Pamungkas sendiri sudah menjadi legenda di hati masyarakat. Bahkan klub sepak bola Malaysia yang pernah ia bela, Selangor FA, juga menjadikan Bepe sebagai legenda klub.

Sebagai pecinta sepak bola Indonesia dan tentu saja fans Timnas Indonesia, tak melihat Bepe lagi di atas lapangan hijau tentu saja sangat menyedihkan. Kita baru saja ditinggal salah satu striker terbaik di sejarah Timnas Indonesia.

Bagaimana tidak, Bepe tercatat sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak untuk Timnas Indonesia. Bepe membela Timnas Indonesia sebanyak 85 kali menurut FIFA, tapi RSSSF mencatat dia tampil 87 kali.

Tak hanya jumlah penampilan, Bepe juga mencatat rekor sebagai salah satu top skor sepanjang masa Timnas Indonesia. Total dia sudah mengoleksi sebanyak 37 gol, di mana terakhir kalinya saat menjebol gawang Iran pada tahun 2011 lalu.

Bambang Pamungkas hanya kalah dari Soetjipto Soentoro yang mencetak 57 gol dari 68 pertandingan untuk Timnas Indonesia.

Kualitas Bepe sebagai seorang striker memang tak perlu diragukan lagi dan dia memang seorang legendaris. Tapi kembali lagi, meski pahit kita harus akui bahwa memang Liga 1 2019 pantas menjadi akhir musim untuknya.

Kenapa kami sebut bahwa Bambang Pamungkas memang pantas pensiun dari bermain sepak bola? Tentunya karena statistik yang dia catatkan bersama Persija Jakarta beberapa musim terakhir Liga 1, khususnya di tahun ini.

Statistik Bambang Pamungkas di Persija Terus Menurun

Melihat statistik yang ditorehkan Bambang Pamungkas di Persija khususnya 3 musim terakhir sejak era Liga 1 dimulai. Ya, sejak awal Liga 1 edisi pertama yakni tahun 2017, Bambang Pamungkas berseragam Persija Jakarta.

Pada Liga 1 2017, jumlah penampilan Bambang Pamungkas memang masih cukup diandalkan apalagi di musim tersebut, Persija belum mendatangkan Marko Simic.

Bepe mencatat 24 penampilan dan masih bisa mencetak 5 gol dan 3 assists, yang artinya dia terlibat sedikitnya 8 gol untuk Persija Jakarta di Liga 1 2016 lalu.

Setelah musim berganti ke Liga 1 2018, Marko Simic datang ke Persija Jakarta dan di tahun inilah menjadi awal di mana kita lebih sering melihat Bepe duduk di bangku cadangan.

Bagaimana tidak, Bepe tampil hanya 13 kali sepanjang musim 2018, setengah dari total penampilannya di Liga 1 2017. Bahkan Bepe tampil sebagai starter alias main sejak menit pertama juga hanya 3 kali di Liga 1 2018.

Dari 13 penampilannya, hanya satu gol dan satu assist yang diukir Bepe, nampaknya tak mengherankan. Karena pada Liga 1 2018, Macan Kemayoran memiliki striker asing yang sangat produktif, yakni Marko Simic.

Dari 30 penampilannya di Liga 1 2018, Simic berhasil mencetak sebanyak 17 gol. Bahkan lebih spesial lagi, penampilan produktif Simic itu disertai dengan trofi juara Liga 1 yang sudah dinantikan selama 17 tahun lamanya.

Usai juara Liga 1 2018, musim 2019 tak berjalan mulus untuk Persija Jakarta. Otomatis, Bepe pun makin jarang diberi kesempatan bermain dan banyak duduk di bangku cadangan.

Tak jauh berbeda dengan jumlah penampilannya di musim 2018, Bepe hanya bermain 15 kali dan starter juga cuma sekali di laga terakhir Liga 1 2019 menghadapi Kalteng Putra, Sabtu (21/12/19) kemarin.

Musim 2019 juga makin buruk untuk Bepe setelah dari 15 penampilannya itu, dia tak mencetak satu gol pun, begitu juga dengan assist. Kecuali main starter di laga kemarin, Bepe juga tak pernah mencatat lebih dari 45 menit tampil di atas lapangan hijau sepanjang Liga 1 2019.

Oleh karena itu, keputusan Bambang Pamungkas pensiun dari lapangan hijau dan tak membela Persija Jakarta di Liga 1 musim depan, sudah sangat tepat. Karena statistik dalam 3 musim terakhir sudah jelas membuktikan hal itu.