Bola Internasional

Gabung Tim Serie B Usai Kalteng Putra Terdegradasi, Pemain Ini Ungkap Alasannya

Jumat, 27 Desember 2019 13:05 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Rafael Bonfim telah resmi bergabung ke tim Serie B Brasil, Operario Ferroviario, usai terdegradasi di Shopee Liga 1 2019 bersama Kalteng Putra. Rencana pulang ke tanah kelahirannya memang sudah lama ia impikan.

“Meski terdegradasi, saya melewati tahun 2019 ini dengan pengalaman yang cukup baik. Sejak awal, saya hanya ingin kembali bermain di Brasil pada 2020, apa pun tawaran yang masuk,” ucap Bonfim dilansir dari Terra Esportes.

“Saya sangat senang bisa bermain untuk klub ini (Operario Ferroviario). Untuk musim 2020 mendatang, klub ini membentuk tim yang kuat dengan target juara. Target klub ini juga merupakan ambisi saya,” lanjutnya.

Rafael Bonfim juga memberikan isyarat bahwa ia mendapatkan tawaran dari sejumlah klub di luar Brasil. Beberapa sumber bahkan menyebutkan Bonfim diinginkan sejumlah klub di Indonesia dan Thailand.

Namun, tekadnya untuk ke Brasil sudah bulat dan kini ia tengah bersiap menghadapi kejuaraan di regional Paranaense, pertengahan Januari 2020 mendatang. Ada pun Serie B Brasil baru akan dimulai pada Mei 2020.

Sepanjang 2019, Bonfim bisa dikatakan tampil konsisten bersama Kalteng Putra. Ia menjadi andalan pelatih Gomes de Oliveira bersama O. K. John. Dalam ajang Shopee Liga 1, dirinya mencetak dua gol dalam 29 penampilan.

Uniknya, setiap Rafael Bonfim mencetak gol, Kalteng Putra selalu berhasil meraih kemenangan. Dua golnya tersebut dicetaknya ke gawang PSIS Semarang pada pekan pembuka (skor akhir 2-1) dan Persela Lamongan (2-0) pada pekan ke-25.