Bola Internasional

Pemain Eropa Berdarah Indonesia Pernah Setim dengan Eks Manchester United

Sabtu, 28 Desember 2019 10:14 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Rafif Rahedian
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pemain Eropa (Belanda) berdarah Indonesia Matthew Steenvoorden ternyata pernah setim dengan eks Manchester United (2015-17) Memphis Depay.

Hal itu terjadi ketika Matthew dan Depay sempat membela Timnas Belanda U-19 berdasarkan data yang disajikan dalam laman Transfermarkt.

Tepatnya pada 29 Februari 2012, Timnas Belanda U-19 melawan tuan rumah Timnas Swiss U-19 dalam laga uji coba internasional di HSC-Arena Nonntal.

Baik Matthew dan Depay, dipanggil untuk mengisi skuat tersebut oleh kepala pelatih Wim van Zwam. Bahkan keduanya tampil sejak menit awal.

Matthew sempat mencetak satu gol pada laga tersebut. Sedangkan Depay mampu membuat dua gol (brace) yang mana laga berakhir dengan skor 3-0 untuk Timnas Belanda U-19.

© INDOSPORT
Memphis Depay ketika memperkuat Manchester United. Copyright: INDOSPORTMemphis Depay ketika memperkuat Manchester United.

Lebih istimewanya lagi pada pertandingan melawan Timnas Swiss U-19, bintang Ajax Amsterdam Hakim Ziyech ikut tampil dan membuat satu assist.

Saat ini Memphis Depay tengah membela Olympique Lyon sejak 20 Januari 2017. Total 43 gol dari 101 laga telah dibuat Depay bersama Lyon di semua ajang dan jumlah itu masih bisa bertambah.

Di sisi lain Matthew Steenvoorden sempat membeberkan fakta menarik yang membuat publik sepak bola dunia, termasuk Indonesia sedikit tercengang.

© Getty Images
Hakim Ziyech saat melawan OGC Nice. Copyright: Getty ImagesHakim Ziyech saat melawan OGC Nice.

"Saya punya darah Indonesia yang berasal dari kakek saya. Ia lahir di Semarang (Jawa Tengah)," ujar Matthew kepada INDOSPORT, Selasa (24/12/19).

Bahkan Matthew ingin sekali bisa bermain di Liga 1 suatu saat nanti pasca kontrak bersama klub Liga Kroasia HNK Gorica berakhir 2022 mendatang.

Selain itu, Matthew juga ingin membela Timnas Indonesia dan membuat keluarganya bangga. Namun dirinya harus menjalani naturalisasi jika ingin mimpinya tercapai.