Bursa Transfer

Rumor Transfer Liga 1: Dutra Pamit dari Persebaya, Bhayangkara FC Gagal Gaet Konate

Selasa, 31 Desember 2019 14:59 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Rumor transfer jelang Liga 1 2020 menampilkan bek Otavio Dutra yang pamit dari Persebaya Surabaya hingga Bhayangkara FC gagal gaet Makan Konate. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Rumor transfer jelang Liga 1 2020 menampilkan bek Otavio Dutra yang pamit dari Persebaya Surabaya hingga Bhayangkara FC gagal gaet Makan Konate.

INDOSPORT.COM - Rumor transfer jelang Liga 1 2020 menampilkan bek Otavio Dutra yang pamit dari Persebaya Surabaya hingga Bhayangkara FC gagal gaet Makan Konate.

Menjelang akhir 2019, sejumlah pemain terang-terangan tengah dirumorkan bakal pindah ke klub baru. Sebagian juga dikabarkan bertahan.

Pasalnya sejumlah pemain sepak bola yang berkarier di Indonesia, kontrak mereka bakal habis pada 31 Desember 2019. Beberapa ada yang tahun depan baru habis.

Kepindahan pemain antarklub di seluruh dunia cukup wajar. Sebab, mereka bisa saja ingin mencari tantangan baru atau bertahan untuk memberikan kontribusi di musim depan.

Maka dari itu redaksi INDOSPORT coba merangkum deretan rumor bursa transfer Liga 1 yang bergulir cukup panas pada hari ini, Selasa (31/12/19).

1. Barito Putera

© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Barito Putera, Djadjang Nurdjaman sesuai pertandingan menghadapi Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (24/11/2019). Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPelatih Barito Putera, Djadjang Nurdjaman sesuai pertandingan menghadapi Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (24/11/2019).

Kepala pelatih Barito Putera Djadjang Nurdjaman turut menjawab rumor akan kedatangan pemain Persib Ezechiel N'Douassel dan Mario Fontanella.

“Kabar dari mana itu, kok saya baru dengar. Itu hanya rumor saja,” papar Djadjang seperti dilansir dari laman resmi klub, Senin (30/12/19).

Kemudian ada pemain muda David Maulana yang mengaku  sepakat untuk bergabung dengan Barito Putera jelang kompetisi Liga 1 2020 bergulir.

“Mengenai persaingan fisik maupun skill dengan senior, insya Allah saya bisa mengimbangi,” sebut David, Senin (30/12/19).

2. Bhayangkara FC

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Konate Makan sampai dibayangi dua pemain Barito Putera, Senin (19/08/2019). Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTKonate Makan sampai dibayangi dua pemain Barito Putera, Senin (19/08/2019).

Bhayangkara FC dikabarkan gagal mendatangkan gelandang asal Mali Makan Konate. Hal itu disampaikan langsung oleh sang COO Bhayangkara FC Sumardji.

"(Konate) tidak, dia sudah deal harga sama agennya," ucap Sumardji ke awak media, Senin (30/12/19).

Terbaru The Guardian dirumorkan tengah mendekati tiga pemain Timnas Indonesia U-23, Evan Dimas, Saddil Ramdani, dan Osvaldo Haay.

"Osvaldo Haay belum tahu mau kemana," papar Sumardji.

Ketika ditanya soal Saddil, Sumardji juga menjawab tidak tahu. Sedangkan Evan Dimas menurut Sumardji sudah ke salah satu klub yang tak mau disebutkan olehnya.

Lalu Bhayangkara FC juga melepas tiga pemain, yakni Bagas Adi (dipulangkan ke Arema FC), Ilham Udin Armaiyn, dan Nur Iskandar (dikembalikan ke Arema FC).

3. Persebaya Surabaya

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Otavio Dutra berbincang dengan dokter Persebaya mengenai maskernya saat latihan di Lapangan Polda Jatim, Selasa (25/6/19). Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTOtavio Dutra berbincang dengan dokter Persebaya mengenai maskernya saat latihan di Lapangan Polda Jatim, Selasa (25/6/19).

Otavio Dutra pamit dari Persebaya Surabaya melalui akun media sosialnya, Selasa (31/12/19). Bek naturalisasi Timnas Indonesia ini merasa bersyukur bisa mendapat kesempatan membela tim Bajul Ijo.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Persebaya, seluruh jajaran organisasi di dalamnya, pemain yang berjuang bersama, keluarga, dan semua orang yang percaya, cinta, kritik, dan selalu memberikan dukungan,” tulisnya.

Lalu gelandang asal Australia Aryn Williams diketahui tengah menjalni negosiasi kontrak dengan manajemen berdasarkan pernyataan sang agen Aggy Eka Ressy.

"Manajemen Persebaya sudah ada omongan dengan Aryn Williams. Sampai sekarang masih terus dilakukan negosiasi, karena masih ada beberapa poin yang kurang pas," kata Aggy kepada INDOSPORT, Senin (30/12/19).

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, masih menutup rapat sosok pemain baru maupun yang akan dipertahankan untuk Liga 1 2020.

"Kalau bicara pemain untuk musim depan, lihat saja saat tanggal 6 (Januari), saja," kata Aji kepada INDOSPORT, Selasa (31/12/19).

4. Madura United

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pergerakan penyerang Madura United, Beto Goncalves dikawal ketat winger Bali United, Yabes Roni dalam laga pekan ke-34 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (22/12/19). Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTPergerakan penyerang Madura United, Beto Goncalves dikawal ketat winger Bali United, Yabes Roni dalam laga pekan ke-34 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (22/12/19).

Madura United mengumumkan kalau striker naturalisasi Beto Goncalves resmi dipertahankan. Hal itu disampaikan langsung oleh pelatih Rahmad Darmawan.

"Beto akan terus bersama Madura United tahun 2020," ujar Rahmad ke awak media, Senin (30/12/19).

Selain itu gelandang Slamet Nurcahyo, kapten Asep Berlian, dan bek tengah Fachruddin Aryanto juga resmi dipertahankan oleh Madura United.

5. PSM Makassar

© INDOSPORT
Logo PSM Makassar. Copyright: INDOSPORTLogo PSM Makassar.

PSM Makassar dikabarkan tengah mendekati striker asal Rumania Liviu Antal jelang bergulirnya Liga 1 2020. Bahkan Juku Eja harus bersaing dengan Arema FC.

Rumor tersebut dihembuskan langsung oleh salah satu akun media sosial Twitter yang kerap membahas perpindahan pemain Indonesia @indostransfer.

"Rumors: PSM dan Arema berkesempatan dapatkan jasa penyerang Rumania, Liviu Antal (30)," tulis akun tersebut.

6. Persib Bandung

© Indosport/Yooan Rizky Syahputra
Logo Tim sepak bola asal Kota Bandung lautan api ,PERSIB 16/4/2019. Copyright: Indosport/Yooan Rizky SyahputraLogo Tim sepak bola asal Kota Bandung lautan api ,PERSIB 16/4/2019.

Komisaris utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Zainuri Hasyim, mengatakan, pihaknya sudah bergerak berburu pemain untuk persiapan mengarungi Liga 1 2020.

"Sedang berjalan proses itu (rekrutmen pemain), tidak etislah kalau saya mengatakan sekarang," kata Zainuri, Senin (30/12/19).

Sejauh ini Persib telah melepas dua pilar, yakni striker asal Belanda Kevin van Kippersluis dan gelandang Hariono usai Liga 1 2019 berakhir.

7. Bali United

© baliutd.com
Bali United resmi mempertahankan winger Yabes Roni dan gelandang Muhammad Taufiq. Copyright: baliutd.comBali United resmi mempertahankan winger Yabes Roni dan gelandang Muhammad Taufiq.

Bali United secara masif mengumumkan dua pemain mereka, yakni Yabes Roni dan Muhammad Taufiq resmi diperpanjang jelang Liga 1 2020.

Menurut Chief Executive Officer (CEO) Yabes Tanuri kalau keduanya masih dibutuhkan oleh tim pelatih untuk menjalani kompetisi musim depan.

"Selain itu mereka juga masih bersedia untuk tetap bertahan disini (Bali United)," ujar Yabes, Selasa (31/12/19).

8. PSIS Semarang

© Ronald Seger/INDOSPORT
Septian David Maulana menunjuk logo PSIS Semarang usai mencetak gol. Copyright: Ronald Seger/INDOSPORTSeptian David Maulana menunjuk logo PSIS Semarang usai mencetak gol.

PSIS Semarang tengah dirumorkan akan menggaet bek tengah Cilegon United Wahyu Prasetyo. Meski begitu manajemen Laskar Mahesa Jenar belum mau mengumumkannya.

"Iya, Insya Allah saya tahun depan saya merapat ke PSIS Semarang. Alhamdulillah sudah deal," ujar Wahyu, Senin (30/12/19).

Di sisi lain manajer PSIS Wahyu Winarto menjelaskan masih mencari pemain asing pengganti Claudir Marini Jr. Bahkan ada tiga nama yang masuk dalam list.

"Saat ini kami tengah melakukan komunikasi dengan tiga pemain asing buruan, namun untuk siapa-siapanya belum bisa kami umumkan ke publik," tutur Wahyu kepada INDOSPORT, Selasa (31/12/19).

Berikutnya gelandang serang Septian David Maulana juga mengaku siap untuk bertahan di PSIS jelang Liga 1 2020 mendatang.

"Tentunya saya siap jika kembali diberi kepercayaan oleh manajemen PSIS di musim depan," ucap Septian kepada INDOSPORT, Selasa (31/12/19).