Bola Internasional

Kepada Media Korea, Shin Tae-yong Ungkap Alasan Jadi Pelatih Timnas Indonesia

Kamis, 9 Januari 2020 13:39 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Pelatih baru Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan alasan menjadi juru taktik Garuda kepada media Korea Selatan. Copyright: © Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Pelatih baru Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan alasan menjadi juru taktik Garuda kepada media Korea Selatan.

INDOSPORT.COM - Pelatih baru Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, buka-bukaan kepada media Korea Selatan mengenai alasan besar mau melatih tim Garuda.

Dilansir dari media Korea Selatan, Chosun Ilbo, Shin Tae-yong sebenarnya mendapatkan godaan gaji besar menjadi pelatih klub Liga Super China, Guangzhou Buri dan dua tim Liga J Jepang.

Namun, Shin Tae-yong menolak tawaran gaji besar tersebut dan memilih Timnas Indonesia.

Bukan tanpa alasan, Shin Tae-yong merasa tertantang untuk bisa membuat pendukung Timnas Indonesia gembira karena kemajuan sepak bola.

"Saya terkejut karena ini adalah pertama kalinya saya mendengar (gaji besar)," kata Shin Tae-yong.

"Awalnya, saya khawatir karena jumlahnya banyak, tapi kali ini saya ingin bermain sepakbola yang ingin saya tunjukkan kepada penggemar saya," ucapnya menambahkan.

Tak hanya itu, Shin Tae-yong juga ingin bisa sukses seperti rekan senegaranya yakni Park Hang-seo.

Pelatih berusia 61 tahun itu sukses membuat sepak bola Vietnam ditakuti khususnya di Asia Tenggara.

Sejumlah prestasi berhasil ditorehkan oleh Park Hang-seo bersama Vietnam dan raihan terakhir adalah keberhasilan membawa pulang medali emas SEA Games 2019 di Filipina.

Karena hal itu, Shin Tae-yong ingin menjadi Park Hang-seo kedua di Asia Tenggara.

"Saya ingin menjadi Park Hangseo kedua yang menyebarkan keunggulan sepak bola Korea, sama seperti Park Hangseo Magic memimpin Gelombang Korea di Vietnam," ujarnya.

Namun, tugas berat akan menanti pelatih baru Timnas Indonesia,Shin Tae-yong.

Setelah menandatangani kontrak dari PSSI selama empat tahun, Shin Tae-yong akan menahkodai Timnas Indonesia senior, U-23, dan U-20.

Ajang terdekat yang akan dipersiapkan Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia adalah laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022, Piala AFF dan Piala Dunia U-20 2021 mendatang.