Liga Indonesia

Menemukan Duet Bek Tengah Persib Bandung untuk Liga 1 2020

Kamis, 9 Januari 2020 10:19 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pagelaran Liga 1 2020 bakal dimulai dan tak ada salahnya menemukan duet maut bek tengah Persib Bandung untuk mengarungi musim yang ketat. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pagelaran Liga 1 2020 bakal dimulai dan tak ada salahnya menemukan duet maut bek tengah Persib Bandung untuk mengarungi musim yang ketat.

INDOSPORT.COM - Pagelaran Liga 1 2020 bakal dimulai dan tak ada salahnya menemukan duet maut bek tengah Persib Bandung untuk mengarungi musim yang ketat.

Liga 1 2020 rencananya dihelat pada Maret mendatang menurut PT LIB. Akan tetapi jadwal tersebut masih terus digarap sejauh ini.

sebanyak 18 klub tengah disibukan dengan urusan mendatangkan, mempertahankan, hingga melepas pemain, baik lokal maupun asing.

Seperti yang dilakukan oleh Persib Bandung, dimana mereka sukses memulangkan bek naturalisasi kelahiran Nigeria Victor Igbonefo (34 tahun).

Hal ini pun dibenarkan langsung oleh Direktur PT PBB Teddy Tjahjono. Kedatangan Victor karena rekomendasi dari kepala pelatih Robert Rene Alberts.

"Iya untuk Victor Igbonefo memang sudah resmi kembali ke Persib," kata Teddy kepada awak media, Rabu (01/01/20).

Selain itu, manajemen akan memberikan informasi lebih jelas mengenai durasi kontrak pemain naturalisasi tersebut pada saat perkenalan pemain.

Secara terpisah, Victor Igbonefo menjelaskan kalau dirinya sangat senang bisa kembali ke Persib usai menjalani satu musim di Liga 1 Thailand bersama PTT Rayong.

"Iya benar (gabung Persib). Saya senang dan tidak sabar jumpa Bobotoh," kata Victor kepada wartawan, Sabtu (04/01/20).

Dengan begitu Persib Bandung sudah memiliki lima bek tengah mulai dari Nick Kuipers (Belanda), Achmad Jufriyanto, Indra Mustafa, Fabiano Beltrame (naturalisasi).

Di sisi lain, bek muda Indra Mustafa menjelaskan kalau kedatangan Victor Igbonefo tak akan kesulitan baginya ketika bersaing ataupun diduetkan.

"Ya mungkin kalau dari saya dengan hadirnya lagi Victor, tak ada kecanggungan tersendiri lagi, sebab tahun kemarin kami pernah sama-sama," kata Indra, Rabu (08/01/20).

Dengan begitu Persib memiliki bek tengah hingga lima orang. Empat diantaranya kerap menjadi andalan bagi klub-klub sebelum bergabung ke Persib.

Maka tak ada salahnya untuk menemukan duet maut bek tengah untuk Persib dalam mengarungi ketatnya pagelaran Liga 1 2020 mendatang.

Achmad Jufriyanto

© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain belakang Persib Bandung, Achmad Jufriyanto saat pertandingan perdana Liga 1 2019 menghadapi Persipura di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (18/05/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPemain belakang Persib Bandung, Achmad Jufriyanto saat pertandingan perdana Liga 1 2019 menghadapi Persipura di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (18/05/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Sejak membela Persib di awal 2019, Achmad Jufriyanto bermain sebanyak 26 kali saja dengan membuat dua gol, satu assist, dan sembilan kartu kuning.

Selama tampil semusim, Achmad Jufriyanto sukses membuat 13 kemenangan, 11 kali seri, dan enam kali kandas, dengan membuat nirbobol sebanyak 11 kali (delapan menang dan tiga seri).

Nick Kuipers

© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain klub Liga 1 Persib Bandung, Nick Kuipers menghindari kejaran Gian Zola saat game internal di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPemain klub Liga 1 Persib Bandung, Nick Kuipers menghindari kejaran Gian Zola saat game internal di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu.

Sementara itu bek asal Belanda yang didatangkan oleh manajemen Persib pada paruh kedua Liga 1 2019 lalu, Nick Kuipers sukses membukukan 17 laga dengan dua gol, satu assist, dan tiga kartu kuning.

Nick Kuipers juga membuat catatan gemilang kala sukses meraih 10 kemenangan, lima hasil seri, dan tiga kekalahan dengan sembilan kali nirbobol (enam menang dan tiga seri).

Fabiano Beltrame

© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persib Bandung, Fabiano Beltrame saat berlatih di Lapangan ‎Saraga ITB, Kota Bandung, Kamis (09-05-19)..jpg Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPemain Persib Bandung, Fabiano Beltrame saat berlatih di Lapangan ‎Saraga ITB, Kota Bandung, Kamis (09-05-19)..jpg

Bertolak ke bek naturalisasi Fabiano Beltrame yang pada awal musim 2019 dikontrak oleh manajemen Persib untuk menjadi pemain lokal.

Akan tetapi proses naturalisasinya yang cukup lama dan panjang, sehingga selama semusim penuh Fabiano gagal tampil bersama Persib tetapi tetap berlatih.

Maka dari itu, untuk Fabiano bisa dilihat statistiknya ketika masih membela klub asal Jawa Timur Madura United di Liga 1 2018 silam.

Ketika tampil penuh, Fabiano membuat 12 kemenangan, delapan imbang, dan 11 kalah dengan total enam kali nirbobol ketika menang serta dua saat seri.

Victor Igbonefo

© Arif Rahman/INDOSPORT
Victor Igbonefo, pemain anyar Persib Bandung Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTVictor Igbonefo, pemain anyar Persib Bandung.

Sedangkan untuk bek naturalisasi anyar Persib (rasa lama), yaitu Victor Igbonefo kerap berpindah posisi kala membela PTT Rayong (Thailand).

Selain menjadi bek tengah, Igbonefo juga sempat ditempatkan sebagai gelandang bertahan dan juga tengah oleh kepala pelatih PTT Rayong kala itu.

Meski begitu menurut data Transfermarkt, Igbonefo mampu membuat empat kali menang, lima seri, dan enam kekalahan kala tampil sebagai bek tengah.

Selain itu Igbonefo juga hanya bisa membuat tiga kali nirbobol (dua menang dan satu seri). Namun harus diingat kalau kualitas Liga 1 Thailand berbeda dengan Liga 1 Indonesia.

Indra Mustafa

© Arif Rahman/INDOSPORT
Bek Persib Bandung, Indra Mustafa saat ditemui di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Sabtu (10/11/2018). Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTBek Persib Bandung, Indra Mustafa saat ditemui di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Sabtu (10/11/2018).

Sedangkan bek muda Persib Indra Mustafa cuma bermain sebanyak enam kali saja pada ajang Liga 1 2019 lalu. Indra kerap duduk manis di bangku cadangan.

Meski begitu ada catatan positif dari bek kelahiran Bogor berusia 20 tahun ini, yaitu sukses meraih dua kemenangan, satu seri, dan satu kalah lewat rincian satu kali nirobobol ketika amankan tiga poin.

Melihat catatan di atas tampaknya duet bek tengah Persib bisa jatuh ke Achmad Jufroyanto dan Nick Kuipers. Terlebih kemistri keduanya sudah terjalin sejak paruh kedua Liga 1 2019.

Pasalnya Fabiano sudah absen selama satu tahun dan Igbonefo juga baru kembali ke Indonesia setelah menjalani musim di Thailand sebagai pemain gelandang.

Namun perlu diingatkan lagi kalau kepala pelatih Persib Robert Rene Albets pasti memiliki komposisi tersendiri untuk menentukan duet bek tengah.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%