In-depth

Terpuruk di Chelsea, Alvaro Morata Mulai Bangkit di Atletico Madrid

Jumat, 10 Januari 2020 08:17 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Atletico Madrid sukses memastikan langkah melaju ke final Piala Super Spanyol usai menyingkirkan Barcelona dengan Alvaro Morata memegang peranan besar di laga tersebut.

Hasil pertandingan Piala Super Spanyol antara Barcelona vs Atletico Madrid pada Jumat (10/01/20) dini hari tadi berakhir dengan 2-3 untuk kemenangan Los Rojiblancos.

Barcelona sebagai juara bertahan LaLiga Spanyol musim lalu berhadapan dengan peringkat kedua musim lalu, Atletico Madrid di King Abdullah Sports City, Jeddah.

Laga berjalan ketat di babak pertama, kedua kesebelasan terlihat hati-hati dalam membangun serangan dan lebih banyak menunggu lewat serangan balik, sehingga nihil gol terjadi di 45 menit awal.

Saling berbalas gol terjadi di babak kedua, diawali gol cepat Koke yang buat Atletico unggul namun dengan sigap Lionel Messi membawa skor kembali sama kuat 1-1.

Antoine Griezmann menjebol gawang mantan klubnya dengan membawa Barcelona unggul 2-1 pada menit ke-62. Namun Alvaro Morata menjadi penyama kedudukan untuk Los Rojiblancos menit ke-81 pada menit ke-81.

Kemenangan dramatis untuk Atletico dipastikan lewat gol yang dicetak oleh Angel Correa pada menit ke-86, Morata kembali punya peran yaitu menyumbang assist.

Tidak hanya itu, ternyata mantan striker Chelsea dan Juventus memang tampil bersinar saat Atletico Madrid menyingkirkan Barcelona. INDOSPORT pun tertarik untuk mengulas penampilan Morata secara khusus untuk Anda.

  • Morata Kembali Bangkit di Atletico Madrid
© Twitter @Atleti
Selebrasi Alvaro Morata usai membawa Atletico Madrid menang atas Espanyol Copyright: Twitter @AtletiSelebrasi Alvaro Morata usai membawa Atletico Madrid menang atas Espanyol

Morata memang bermain sangat apik setelah INDOSPORT mendalaminya dengan melihat statistik penampilan yang dilansir dari whoscored. Bagaimana tidak, situs penyedia statistic pertandingan asal Inggris itu memberikan nilai yang membuat Morata punya rating tertinggi di Atletico, yakni 8,3.

Eks Juventus yang sempat paceklik gol dan penampilannya bias dibilang buruk imbas dari cedera lutut yang dialaminya, membuat dia memang mulai jarang dibicarakan.

Tapi jangan salah, Morata ternyata mulai bangkit dan mungkin saat Atletico singkirkan Barcelona dini hari tadi seperti menjadi penegasan bahwa dirinya kembali menjadi seorang bintang lapangan hijau.

Kembali menjadi seorang bintang memang sangat cocok dengan perjalanan karier Morata yang tak terlalu mentereng seperti striker top Eropa lainnya. Bagaimana tidak, dia seperti terpuruk di Chelsea sejak 2017 lalu.

Beberapa catatan apik ditorehkan Morata saat Atletico Madrid menang atas Barcelona dini hari tadi. Mungkin yang paling terlihat adalah 1 gol dan 1 assist yang memberikan 2 gol untuk Los Rojiblancos.

Masih dari whoscored, Morata juga tercatat menyentuh bola sebanyak 33 kali, 11 umpan sukses (sekali umpan kunci saat gol Correa), 3 kali memenangkan duel udara, dan dua kali tekel sukses. Tak heran penampilannya dinilai sangat tinggi dibanding rekan-rekan setimnya yang lain.

Bahkan penampilan apik Morata membuat Atletico Madrid melaju ke babak final dengan dramatis, di mana hanya butuh drama di 10 menit terakhir pertandingan. Morata memulainya dengan mencetak gol lewat titik putih kotak penalti dan sangat yakin dalam menjebol gawang Neto menit ke-81.

Hanya 5 menit berselang, Morata juga menunjukkan kematangan dan kedewasaannya sebagai striker yang sudah cukup malang melintang, dari Real Madrid, Juventus lalu ke Chelsea hingga permanen di Atletico Madrid.

Tepatnya menit ke-86 dia memberikan umpan terobosan kepada Angel Correa yang berlari menusuk pertahanan Barcelona. Gol dicetak oleh Correa, tapi Morata tetap punya andil dalam gol kemenangan Atletico Madrid atas Barcelona.

“Kami hanya harus percaya, jika kami bertahan dengan kompak, mereka tak akan bisa mencetak gol. Kami juga sudah tahu bagaimana cara bermain Barcelona, oleh karena itu kami mengandalkan serangan balik. Sekarang lihat saja hasilnya bagaimana?” ucap Morata saat diwawancara oleh Movistar.

Tidak hanya di laga semifinal Piala Super Spanyol dini hari tadi, Morata juga menunjukkan tanda-tanda kebangkitan bersama Atletico lewat catatan golnya sejauh musim ini. Seperti di LaLiga Spanyol, dari 16 kali tampil, dia mencetak 7 gol.

Jumlah yang sebenarnya cukup sedikit untuk seorang striker, tapi bisa kita lihat, Morata pernah mencetak gol dalam 4 laga beruntun non stop pada periode Oktober – November 2019 lalu.

Di kancah Liga Champions, Morata juga cukup menjadi pembeda saat Atletico Madrid mengalami kebuntuan dalam menyerang. Dari 5 penampilan yang dia lakoni, Morata mencetak 2 gol, dan keduanya terjadi di laga menghadapi Bayer Leverkusen home dan away.

Jelas saja ini nampaknya akan jadi kebangkitan Morata usai dia terlihat terpuruk tak mendapat kesempatan main cukup saat berseragam di Chelsea sejak musim panas 2017 lalu. Bagaimana tidak, selama satu setengah musim, dia hanya bermain 47 kali dan mengemas 16 gol di Liga Inggris.

Memang sungguh memprihatinkan jika melihat Morata merana di Chelsea. Tapi kini dia sudah berseragam Atletico Madrid dan sudah pasti dipermanenkan di bursa transfer musim panas 2020 mendatang. Ini langkah yang benar-benar tepat, apalagi melihat statistic Morata saat kontra Barcelona.