Liga Indonesia

3 Jalan Terjal yang Membuat Osvaldo Haay Sulit Bertahan di Persebaya Surabaya

Sabtu, 11 Januari 2020 16:04 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Sejumlah jalan terjal sepertinya menyelimuti kemungkinan Osvaldo Haay untuk tetap bertahan di klub Liga 1 2020, Persebaya Surabaya. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Sejumlah jalan terjal sepertinya menyelimuti kemungkinan Osvaldo Haay untuk tetap bertahan di klub Liga 1 2020, Persebaya Surabaya.

INDOSPORT. COM - Sejumlah jalan terjal sepertinya menyelimuti kemungkinan Osvaldo Haay untuk tetap bertahan di klub Liga 1 2020, Persebaya Surabaya.

Nama Osvaldo Haay belakangan memang menjadi komoditi panas bursa transfer jelang Liga 1 2020. Pemain berusia 22 tahun tersebut santer dikabarkan bakal hengkang meninggalkan klubnya, Persebaya Surabaya.

Isu muncul lantaran Osvaldo Haay belum memperpanjang kontraknya yang akan habis pada 31 Januari 2020. Jika hingga masa baktinya selesai dan tak ada perpanjangan, Osvaldo Haay dipastikan resmi angkat kaki dari Persebaya Surabaya.

Bagi Persebaya Surabaya sendiri, Osvaldo Haay memang merupakan sosok pemain kunci. Musim lalu, Osvaldo Haay yang tampil 20 kali untuk Bajul Ijo, total mampu mencetak enam gol dan tiga assist.

Apalagi Osvaldo Haay juga punya potensi menjanjikan terkait kiprahnya di pentas internasional. Pada ajang SEA Games 2019, Osvaldo Haay yang membela Timnas Indonesia U-23, tampil sangat tajam dengan torehan delapan gol, sekaligus menyabet gelar top skor.

Sayangnya, hingga kini Osvaldo Haay masih belum memberikat kejelasan pasti soal masa depannya di Persebaya Surabaya. Meski sudah ikut latihan, tetap ada peluang bagi Osvaldo Haay pergi dari skuat Bajul Ijo pada akhir Januari mendatang.

INDOSPORT pun coba mengulas sejumlah jalan terjal yang membuat Osvaldo Haay sulit bertahan di Persebaya Surabaya. Berikut ulasannya.

Tawaran Persija Jakarta

Osvaldo Haay belakangan memang santer diisukan akan meninggalkan Persebaya Surabaya. Hal itu terkait kontrak Osvaldo Haay yang berakhir pada 31 Januari 2020 mendatang, dan hingga kini belum mendapat perpanjangan.

Kondisi tersebut ternyata coba dimanfaatkan klub Liga 1 2020 lainnya, Persija Jakarta. Ada rumor yang menyebut kalau Persija Jakarta akan mendatangkan Osvaldo di bursa transfer kali ini.

Tawaran yang datang dari Persija Jakarta, mungkin saja menggoyahkan kesetiaan Osvaldo kepada Persebaya Surabaya. Apalagi, Persija Jakarta memang memiliki reputasi top sebagai klub ibu kota sekaligus jawara Liga 1 2018.

Komunikasi

Menjalin komunikasi tentu sangat penting dilakukan pihak Persebaya Surabaya untuk mempertahankan Osvaldo Haay. Namun, kabar yang berkembang, pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, malah belum berbicara secara intens kepada Osvaldo terkait isu perpanjangan kontrak.

Aji Santoso mengaku sudah bertemu Osvaldo dalam latihan klub, Jumat (10/01/20) kemarin. Sayangnya, pertemuan itu hanya dihiasi salaman saja, dan belum banyak mengarah ke pembicaraan masa depan Osvaldo.

"Saya baru ketemu tadi," kata Aji Santoso.

"Ini tadi baru ketemu dan bersalaman dengan dia, belum banyak bicara karena memang saat latihan berlangsung," imbuhnya.

Meski demikian, Aji Santoso berjanji akan segera membicarakan masalah perpanjangan kontrak Osvaldo. Aji Santoso akan membahasnya bersama Osvaldo langsung, dan juga dengan manajemen Persebaya Surabaya.

"Nanti saya akan bicara sama dia (Osvaldo). Kalau soal masa depannya di Persebaya, nanti kami bicara dengan manajemen," sambung Aji.

Indisipliner

Jauh sebelum latihan Persebaya Surabaya pada Jumat (11/01/20) kemarin, Osvaldo Haay telah lebih dulu melakukan tindakan indisipliner. Hal ini lantaran Osvaldo diketahui sempat mangkir dari latihan skuat Persebaya Surabaya beberapa waktu lalu.

Kala tak datang latihan, manajemen Persebaya Surabaya sudah coba menghubungi Osvaldo secara langsung. Namun Osvaldo disebutkan tak memberi respon sama sekali.

"Kami sudah mencoba menghubungi pemain itu tapi sampai saat ini tidak ada respons," kata Manajer Persebaya Surabaya, Candra Wahyudi pada Rabu (08/01/20).

"Padahal manajemen sudah menginfokan jika latihan Persebaya mulai tanggal 6 Januari 2020. Tapi dia tetap tidak ada respons dari pemainnya," lanjutnya.

Absennya Osvaldo dari latihan, mungkin bisa menjadi pertanda kalau dirinya sudah tak betah lagi memperkuat Persebaya Surabaya. Apalagi, tindakan indisipliner tadi turut bisa mempengaruhi penilaian manajemen Persebaya Surabaya kepada sikap Osvaldo.

"Tentu ini menjadi catatan untuk manjemen melihat perilaku pemain," beber Candra.

Andai masalah indisipliner yang sempat terjadi tak segera dicari jalan tengahnya, bukan mustahil akhir Januari nanti Osvaldo resmi meninggalkan Persebaya Surabaya. Tinggal dinanti saja bagaimana kelanjutan masa depan Osvaldo bersama Bajul Ijo?