Liga Indonesia

Inilah Sosok Baru yang Pimpin Komite Wasit PSSI

Sabtu, 25 Januari 2020 20:11 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memastikan Mayjen (Purn) TNI Sonhadji akan menjadi pemimpin baru Komite Wasit PSSI. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memastikan Mayjen (Purn) TNI Sonhadji akan menjadi pemimpin baru Komite Wasit PSSI.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memastikan Mayjen (Purn) TNI Sonhadji akan menjadi pemimpin baru Komite Wasit PSSI. Sonhadji akan ditemani Hasani Abdulgani.

Sonhadji merupakan sosok paling sibuk dalam masa kepemimpinan Mochamad Iriawan. Sonhadji sudah menjabat sebagai komite eksekutif (Exco) PSSI dan komisaris utama PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Terbaru, Sonhadji kembali menempati jabatan baru. Mochamad Iriawan memastikan Sonhadji merupakan sosok tepat yang dibutuhkan untuk memimpin komite wasit PSSI.

"Setelah didiskusikan, kalau diserahkan ke wasit asing, tidak begitu pas. Kita cari yang berkompeten, yang bertanggung jawab pada masalah wasit. Makanya saya tunjuk pak Sonhadji," ucap Mochamad Iriawan usai pelaksanaan kongres tahunan PSSI di Bali, Sabtu (25/1/20).

Sonhadji mengemban tugas berat sebagai komite wasit PSSI. Iwan Bule, sapaan akrabnya, mengatakan pada tahun ini PSSI mulai melakukan pelatihan wasit untuk persiapan penggunaan Video Assistant Referee (VAR) pada tahun 2021.

"Pelatihan dilakukan tahun ini kepada wasit yang ada. Setelah mereka mengerti, baru dilakukan pelaksanaan pelatihan VAR. Insyallah mulai 2021, kita akan buat (pertandingan) VAR secara bertahap. Memang ini tidak mudah," pungkas Iwan Bule.