In-depth

Jason Cummings, Keturunan Asia yang Cetak 2 Gol ke Gawang Liverpool

Senin, 27 Januari 2020 17:12 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© James Baylis - AMA/Getty Images
Pemain keturunan Asia milik Shrewsbury Town, Jason Cummings, merayakan golnya ke gawang Liverpool dalam laga Piala FA. Copyright: © James Baylis - AMA/Getty Images
Pemain keturunan Asia milik Shrewsbury Town, Jason Cummings, merayakan golnya ke gawang Liverpool dalam laga Piala FA.

INDOSPORT.COMJason Cummings berhasil keluar sebagai pahlawan Shrewsbury Town FC saat behadapan dengan Liverpool di babak keempat Piala FA, Senin (27/01/20) dini hari WIB.

Berkat kehadirannya Cumming pada babak kedua, membuat Shrewsbury terhindar dari kekalahan. Karena sebelumnya Shrewsbury tertinggal 0-2 terlebih dahulu.

Liverpool berhasil unggul 2-0 lewat aksi Curtis Jones (menit 15’) dan gol bunuh diri Donald Love (46’). Namun kemenangan didepan mata Liverpool harus buyar karena sosok Cummings.

Masuk ke dalam lapangan pada menit ke-60, tak butuh waktu lama bagi Cummings untuk mencetak gol. Ia hanya butuh lima menit untuk memperkecil ketinggalan timnya.

Gol pertama yang ia cetak dihasilkan melalui tendangan penalti. Itu bermula setelah pemain Shrewsbury Joshua Laurent dilanggar oleh Yasser Larouci di kotak terlarang.

Sepuluh menit berselang, Cumming berhasil mencatatkan namanya di papan skor untuk kali kedua. Dirinya mampu mengelabuhi dua bek Liverpool Dejan Lovren dan Neco Williams.

Penyerang yang saat ini masih berusia 24 tahun tersebut mampu menyelesaikan tugasnya dengan tenang dengan menempatkan bola ke sisi kiri gawang Liverpool.

Melihat situasi tersebut Cummings memang pantas menyandang status sebagai pahlawan Shrewsbury di pertandingan malam tadi.

Sayangnya, penampilan heroiknya di laga melawan Liverpool tersebut tidak membuatnya dinobatkan sebagai man of the match.

Menurut laporan situs Whoscored, pemain terbaik di pertandingan Shrewsbury vs Liverpool ini disematkan kepada Curtis Jones.

Perjalanan Karier Jason Cummings

© Catherine Ivill/Getty Images
Bak Juara Liga, Fans Shrewsbury Town Masuk ke Lapangan Usai Tahan Liverpool Copyright: Catherine Ivill/Getty ImagesBak Juara Liga, Fans Shrewsbury Town Masuk ke Lapangan Usai Tahan Liverpool.

Jason Cummings merupakan seorang pesepakbola yang memiliki keturunan Asia dari sang ibu. Dilaporkan bahwa Cummings punya darah Australia dari sang ibunda.

Seperti yang diketahui, dalam urusan sepak bola, Australia masuk ke dalam zona Asia. Jadi bisa dikatakan jika dirinya punya darah Asia.

Ia pun pernah ditawarkan oleh manajaer Aurtalia Graham Arnold untuk membela Timnas. Akan tetapi ia lebih memilih bermain bersama Timnas Skotlandia.

Cumming sendiri memulai karier sepak bola profesionalnya bersama klub kasta teratas sepak bola Skotlandia, yakni Hibernian pada musim 2013/14.

Pada musim debutnya, Cummings dipercaya untuk memainkan peemainan sebanyak 16 pertandingan di Liga Skotlandia. Sayangnya, ia tak menorehkan satupun gol.

Cummings pun harus menjalani musim selanjutnya di kasta kedua Skotlandia. Pada ajang tersebut, dirinya mulai menunjukkan taringnya sebagai penyerang muda berkualitas.

Penyerang berkebangsaan Skotlandia tersebut berhasil megumpulkan 18 gol dan 9 assist dari 33 pertandingan. Catatan itu cukup apik bagi penyerang belasan tahun.

Pada musim selanjutnya, Cummings juga tetap menunjukkan konsistensinya sebagai penyerang muda berkualitas. Ia kembali mengemas 18 gol dari 33 pertandingan.

Penampilannya yang terus meningkat bersama Hibernian itu membuat klub legendaris Liga Inggris, Nottingham Forest tertarik untuk mendapatkan tanda tangan Cummings.

Sayangnya, Cummings tak mampu menampilkan permainan terbaiknya dengan hanya mengemas satu gol dari 15 laga. Itu membuatnya kembali ke Skotlandia pada musim 2017/18 untuk membela Glasgow Rangers dengan status pinjaman.

Pada musim lalu, dirinya pun kembali dipinjamkan Nottingham Forest ke dua klub kasta bawah Liga Inggris, yakni Peterborough United dan Luton Town FC.

Kini, dirinya membela Shrewsbury dan menjelma sebagai mesin gol klub. Terhitung, ia telah mengumpulkan 4 gol dari 15 pertandingan.