Liga Indonesia

Teco Bicara Soal Kondisi Tak Ada Piala Presiden 2020

Rabu, 29 Januari 2020 19:06 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, dalam jumpa pers di press room Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (31/07/2019). Foto : Nofik Lukman Hakim Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, dalam jumpa pers di press room Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (31/07/2019). Foto : Nofik Lukman Hakim

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, menyayangkan ketiadaan Piala Presiden sebagai turnamen pramusim sebelum Liga 1 2020. Ajang ini sangat bagus untuk tim melakukan evaluasi awal.

Piala Presiden hampir pasti tak digelar lantaran PSSI fokus penuh mempersiapkan Piala Dunia U-20 2021. Selain itu, ketiadaan turnamen ini juga membuat Liga 1 bisa digelar lebih cepat, pada 29 Februari 2020.

Ada pihak yang menilai PSSI melakukan langkah tepat tak menggulirkan Piala Presiden. Namun ada pula yang menyayangkan turnamen ini tak digelar.

Salah satunya Teco. Dari pandangan Teco, Piala Presiden punya banyak fungsi, bukan sekadar berebut gelar juara. Ajang ini bisa menjadi pramusim bagus untuk tim.

"Beberapa tim pakai turnaen ini bukan buat jadi juara, tapi untuk perbaiki tim sebelum liga. Bisa juga untuk mencoba pemain asing, coba formasi. Saya pikir ini bagus."

"Lalu beberapa tim yang lebih lengkap ingin mengejar juara. Kalau tahun ini tidak ada, saya pikir buat liga, ini tidak bagus," ucap Teco, Selasa (28/1/20).

Dampak terbesarnya bukan untuk Bali United. Menurut Teco, klub-klub yang tak mengikuti turnamen internasional cukup dirugikan.

Sementara itu Bali United akan bertanding pada 11 Februari 2020, melawan Than Quang Ninh, dalam pembuka Piala AFC 2020.