Liga Indonesia

Bersua Sabah FA, Ini Rekor Pertemuan Mencengangkan Persebaya Melawan Klub Malaysia

Sabtu, 8 Februari 2020 16:51 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Yohanes Ishak
© stadionesia.blogspot/wikipedia
Terdapat rekor pertemuan yang mencengangkan ketika Persebaya Surabaya melawan klub dari Malaysia. Apalagi sore nanti Bajol Ijo akan bersua Sabah FA. Copyright: © stadionesia.blogspot/wikipedia
Terdapat rekor pertemuan yang mencengangkan ketika Persebaya Surabaya melawan klub dari Malaysia. Apalagi sore nanti Bajol Ijo akan bersua Sabah FA.

INDOSPORT.COM - Terdapat rekor pertemuan yang mencengangkan ketika Persebaya Surabaya melawan klub dari Malaysia. Apalagi sore nanti Bajol Ijo akan bersua Sabah FA.

Pertandingan Persebaya vs Sabah FA bakal berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Jawa Timur, pukul 18.30 WIB. Ini merupakan laga uji coba internasional.

Kepala pelatih Persebaya Aji Santoso menjelaskan kalau pertandingan nanti sangat bagus. Pasalnya uji coba ini penting untuk memadukan tim.

“Apalagi, Persebaya akan melawan tim yang selevel," ujar Aji kepada awak media di Surabaya, Jumat (07/02/20).

Persebaya pun tampaknya bakal menurunkan skuat andalan seperti Makan Konate, David da Silva, hingga Mahmoud Eid. Hal ini demi membuat mereka padu.

Di sisi lain kepala pelatih Sabah FA Kurniawan Dwi Yulianto menjelaskan kalau dirinya sangat takjub ketika anak asuhnya menjalani official training di Stadion GBT.

"Jujur, Persebaya dan Bonek sangat spesial untuk saya. Karena saya pernah merasakan treatment mereka dan berhasil menjadi juara bersama Persebaya," beber Kurniawan.

Sabah FA juga membawa pilar-pilar kunci pada ajang uji coba kali ini. Hal tersebut agar para pemain semakin paham dengan skema yang diinginkan Kurniawan.

Meski demikian ternyata ada hal menarik yang bisa diketahui bersama oleh para penggemar sepak bola nasional jelang laga Persebaya vs Sabah FA.

© instagram.com/official_sabah_fa/
Sabah FA, Juara Liga Malaysia yang Musim Depan Diperkuat Pelatih Indonesia Copyright: instagram.com/official_sabah_fa/Sabah FA, Juara Liga Malaysia yang Musim Depan Diperkuat Pelatih Indonesia.

Pasalnya Sabah FA bukanlah lawan pertama dari Malaysia untuk Persebaya. Sebab jauh sebelum laga ini berlangsung Persebaya sempat bersua wakil Malaysia.

Berdasarkan data yang disajikan laman Stats Rawon kalau Persebaya sempat bersua Johor Bahru pada 1977 silam di Stadion Gelora 10 November.

Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 0-1. Kala itu pemain Johor Bahru Irfan Bakti Salim menjadi pencetak gol tunggal di laga tersebut.

Beberapa tahun berselang, Persebaya sempat bertemu Selangor FA pada 18 Maret 1995. Pertandingan yang bermain di Surabaya itu berakhir imbang 1-1.

Lalu saat 25 Maret 2011, Persebaya melawan PBNS (Malaysia) pada laga tandang berakhir 2-2. Kemudian di partai kandang Persebaya menang 4-1, 19 Mei 2011.

Pada tahun yang sama, tepatnya Desember, Persebaya sempat bersua Kelantan FA. Laga pertama berakhir imbang 1-1 (23 Desember) dan partai kedua berakhir 3-2 (28 Desember).

Terakhir Persebaya pernah melawan Sarawak FA pada 18 Maret 2018. Pertandingan yang berlangsung di Surabaya itu berakhir imbang 2-2.

Meski begitu jauh sebelumnya, tepatnya pada pertemuan pertama Persebaya bersua klub Malaysia terjadi pada 1928 silam alias 92 tahun yang lalu.

Kala itu Persebaya sempat melawan Singapore Armed Force yang saat masa lalu masih berkedudukan di Daratan Malaya. Namun tak diketahui skor berakhir berapa.

Selanjutnya Persebaya pernah melawan Malaya FC pada 1955. Pertadingan tersebut berlangsung di Lapangan Tambaksari dan tak diketahui hasil akhirnya.

Melihat catatan barusan Persebaya pernah dua kali menang, empat kali seri, dan sekali kalah melawan wakil Malaysia. Patut dinanti hasil akhir berjumpa Sabah FA nanti.