Liga Italia

Kontra Fiorentina, AC Milan Bakal Gunakan Formasi 4-4-1-1 karena Hal Ini

Sabtu, 22 Februari 2020 16:31 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Gabriel Maltinti/GettyImages
Pelatih sepak bola AC Milan, Stefano Pioli, dikabarkan akan menggunakan formasi 4-4-1-1 untuk menghadapi Fiorentina di Serie A Liga Italia pekan ini. Copyright: © Gabriel Maltinti/GettyImages
Pelatih sepak bola AC Milan, Stefano Pioli, dikabarkan akan menggunakan formasi 4-4-1-1 untuk menghadapi Fiorentina di Serie A Liga Italia pekan ini.

INDOSPORT.COM - Pelatih sepak bola AC Milan, Stefano Pioli, dikabarkan akan menggunakan formasi 4-4-1-1 untuk menghadapi Fiorentina pada pekan ke-25 kompetisi Serie A Liga Italia 2019-2020.

AC Milan akan melawan Fiorentina pada matchday ke-25 Serie A Liga Italia musim ini. Pertandingan yang bakal diselenggarakan di Stadion Artemio Franchi pada Minggu (23/02/20) pukul 02.45 WIB itu wajib dimenangkan Rossoneri jika mereka ingin bangkit.

Saat ini, Rossoneri masih menempati peringkat sembilan dengan torehan 35 poin, hasil dari 10 kali menang, lima kali imbang, dan sembilan kali kalah. Mereka masih terpaut empat poin dari zona Liga Europa dan terpaut 22 poin dari Juventus di puncak klasemen sementara.

Melawan Fiorentina di kandang lawan tentu tugas berat bagi pelatih mereka, Stefano Pioli. Selain mendapat kekuatan di hadapan publik sendiri, mental tim yang berjuluk La Viola itu juga sedang melambung lantaran pekan lalu sukses menang 5-1 atas Sampdoria.

Sebenarnya, Pioli telah mendapatkan hasil yang bagus saat mengubah formasi timnya menjadi 4-4-2, namun ia malah ingin mengubahnya lagi menjadi 4-4-1-1. Melansir dari laman portal berita AC Milan, Sempre Milan, keputusannya itu ternyata dikarenakan beberapa pemain yang sudah bisa tampil kembali.

Dilaporkan, Pioli bisa kembali memainkan Andrea Conti yang akan menggantikan Davide Calabria. Sementara itu, Hakan Calhanoglu juga bisa turun menggantikan Lucas Paqueta. Namun, Simon Kjaer sedang mengalami cedera sehingga ia harus digantikan Matteo Gabbia.

Selain itu, formasi 4-4-1-1 ternyata memberikan efek yang lebih baik bagi AC Milan. Pioli pertama kali menerapkan formasi tersebut saat mereka menghadapi Inter Milan. Meski kalah dengan skor 2-4, sang pelatih menganggap permainan Rossoneri sangat memuaskan di babak pertama.

Dengan formasi tersebut, Zlatan Ibrahimovic akan ditempatkan sebagai ujung tombak. Di belakangnya, Calhanoglu bakal berperan sebagai second striker yang akan didukung oleh Ante Rebic dan Ismael Bennacer yang masuk ke lini tengah empat pemain.

Dari lima pertemuan mereka di kompetisi sepak bola Serie A Liga Italia, AC Milan menang dua kali, yaitu 5-1 pada 30 Desember 2017 dan 1-0 pada 12 Mei 2019. Sementara itu, Fiorentina menang dua kali, yaitu 1-0 pada 22 Desember 2018 dan 3-1 pada 30 September 2019. Satu laga sisanya, kedua tim bermain imbang 1-1.