Bola Internasional

Balik ke Eropa, Eks PSM Masih Rasakan Kutukan Liga 1 Indonesia

Sabtu, 29 Februari 2020 06:23 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Yohanes Ishak
© Wira Wahyu Utama/INDOSPORT
Balik ke Eropa, Eks PSM Masih Rasakan Kutukan Liga 1 Indonesia Copyright: © Wira Wahyu Utama/INDOSPORT
Balik ke Eropa, Eks PSM Masih Rasakan Kutukan Liga 1 Indonesia

INDOSPORT.COM - Meski telah kembali ke Eropa, salah satu eks striker PSM Makassar ini masih merasakan kutukan Liga 1 Indonesia dan gagal mencetak gol di tahun 2020.

Adalah Eero Markkanen, striker asal Finlandia ini sebelumnya telah resmi didepak dari PSM Makassar pada paruh musim Shopee Liga 1 2019 silam.

Sempat tampil apik dalam beberapa laga awalnya bersama PSM, bahkan mampu mencetak lima gol dari enam penampilan dalam ajang Piala AFC 2019 dan ikut mengantar Juku Eja menjuarai Kratingdaeng Piala Indonesia 2019/20.

Namun performa Eero Markkanen malah tidak terlihat ketika tampil di Liga 1, dan tercatat striker berusia 28 tahun ini cuma mencetak satu gol dari tujuh penampilan. Bahkan ia baru mencetak gol pada penampilan keenamnya di Liga 1.

Mandulnya Eero Markkanen tampaknya merupakan efek dari 'kutukan' PSM yang selalu gagal melahirkan penyerang asing tajam di Liga 1, khususnya dalam beberapa musim terakhir meski mereka selalu memboyong striker jempolan.

Sebelum Markkanen, PSM Makassar sempat mendatangkan beberapa nama penyerang asing ternama mulai  dari Reinaldo Costa, Pavel Puryshkin, Sandro, hingga Bruce Djite yang tampil gemilang di Liga Australia.

Sayangnya empat striker asing tersebut juga tampil kurang maksimal, bahkan tiga penyerang asing PSM tak mampu mengemas lebih dari lima gol di kompetisi Liga 1.

Seperti Puryshkin (13 laga) dan Sandro (11 pertandingan) hanya mampu mencetak 4 gol, sedangkan Djite sama sekali tak menyumbangkan gol dari 9 laga.

Kutukan mandul PSM pun sepertinya masih dirasakan Eero Markkanen hingga saat ini, meski dirinya telah hengkang ke Liga Finlandia namun jebolan akademi Real Madrid belum juga bisa mencetak gol sejak terakhir kali berselebrasi di Liga 1 musim lalu.

Bergabung bersama FC Haka awal tahun 2020 ini, Eero Markkanen tercatat telah dua kali tampil sebagai starter di ajang Suomen Cup dan sialnya ia tidak mampu mencetak gol dalam dua pertandingan tersebut.

Meski tim yang ia perkuat tidak terkalahkan, namun jika mengingat posisi Eero Markkanen adalah seorang striker tentu capaiannya di dua laga awal bersama FC Haka tidaklah terlalu bagus.

Dengan musim yang masih panjang, menarik dinanti kiprah serta perjalanan karier Eero Markkanen selanjutnya. Mampukah ia mengembalikkan tajinya sebagai penyerang tajam? Atau malah kutukan Liga 1 akan terus membayanginya.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%