Bola Internasional

Apa Kabar Dejan Stankovic, Eks Inter Milan yang Pernah Bela 3 Negara di Piala Dunia

Senin, 2 Maret 2020 15:22 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Goal
Tak ada salahnya untuk mengetahui apa kabar Dejan Stankovic, eks Inter Milan yang pernah bela tiga negara di Piala Dunia dan Piala Eropa. Copyright: © Goal
Tak ada salahnya untuk mengetahui apa kabar Dejan Stankovic, eks Inter Milan yang pernah bela tiga negara di Piala Dunia dan Piala Eropa.

INDOSPORT.COM - Tak ada salahnya untuk mengetahui apa kabar Dejan Stankovic, eks Inter Milan yang pernah bela tiga negara di Piala Dunia dan Piala Eropa.

Stankovic lahir di Belgrad pada 11 September 1987 silam. Sejak kecil, Stankovic telah menekuni sepak bola dan memantapkan diri di posisi gelandang.

Stankovic memulai karier di akademi klub Liga Serbia FK Teleoptik Zemun pada 1985-92. Lalu bakatnya tercium oleh Red Star Belgrade U-19 (Serbia) dan direkrut.

Stankovic bermain selama tiga musim di akademi Red Star Belgrade (1992-95). Lalu Dejan pun dipromosikan ke tim utama pada 1995 silam di bawah pelatih Ljupko Petrovic.

Debut perdana Stankovic terjadi ketika Red Star Belgrade melawan OFK Beograd pada 11 Februari 1995 silam. Gol perdananya tercipta kala membobol Buducnost Podgorica.

Stankovic pun menghabiskan tiga tahun bersama Red Star Belgrade sejak 1995 hingga 1998. Total, pria dengan tinggi 181 cm itu membuat 29 gol dari 85 laga di seluruh kompetisi.

Tak hanya itu Stankovic pun sempat meraih gelar Yugoslavian Champions (sekali) dan Yugoslav Cup Winner (tiga kali) selama membela Red Star Belgrade.

Kemudian kemampuan Stankovic pun membuat raksasa Liga Italia Lazio merekrutnya pada 1998 hingga 2004 silam. Dejan pun membuat 22 gol dari 137 laga.

Tak hanya itu Stankovic turut mengantarkan Lazio ke tangga juara Coppa Italia (dua kali), Liga Italia (sekali), Italia Super Cup (dua kali), Europa Pokal Der Pokalsieger (sekali), serta UEFA Super Cup (sekali).

Atas kemampuannya yang cukup prima, Stankovic pun direkrut oleh Inter Milan pada 2004 silam. Total Dejan menghabiskan karier di Inter Milan hingga 2013 sekaligus pensiun.

Bersama Inter Milan, Stankovic membuat 231 penampilan dan 29 gol. Tak hanya itu beragam gelar juara juga turut dirasakan oleh Dejan bersama Inter Milan.

Coppa Italia (empat kali), Liga Italia (lima kali), Italia Super Cup (empat kali), Liga Champions (sekali), dan Piala Dunia Antarklub (sekali) adalah trofi Stankovic dengan Inter Milan.

Bergeser ke tim nasional. Ada cerita unik yang telah dialami oleh Dejan Stankovic sepanjang perjalan kariernya di dunia sepak bola profesional.

Bermain di 3 Negara

© Getty Images
Dejan Stankovic di Piala Dunia 2010. Copyright: Getty ImagesMantan pemain Tim Nasional Serbia Dejan Stankovic di Piala Dunia 2010.

Pasalnya, Stankovic sempat membela tiga negara di Piala Dunia dalam edisi yang berbeda pula. Sebab Stankovic lahir di negara pecahan Yugoslavia.

Panggilan pertama Stankovic bersama tim nasional terjadi pada 1998 silam. Kala itu Stankovic bermain untuk Yugoslavia di Piala Dunia dan Eropa sebanyak lima kali dan mencetak satu gol.

Selepas hancurnya Yugoslavia pada tahun 2003. Negara-negara baru pun muncul satu persatu, salah satunya adalah Serbia and Montenegro.

Tak ayal, Stankovic yang telah mengantongi kewarganegaraan Serbia dan Montenegro, bisa membela negara barunya tersebut dengan sah.

Bahkan Serbia and Montenegro dibawa Stankovic lolos dari babak kualifikasi Piala Dunia dan Eropa. Namun negara barunya itu tak bisa berbicara banyak.

Serbia menjadi negara terakhir yang dibela Stankovic semasa masih aktif bermain. Pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Akan tetapi, dirinya kembali gagal berbicara jauh di ajang tersebut.

Kabar Terkini

© Srdjan Stevanovic/Getty Images
Dejan Stankovic saat menjadi pelatih Red Star Belgrade. Copyright: Srdjan Stevanovic/Getty ImagesDejan Stankovic saat menjadi pelatih Red Star Belgrade.

Stankovic diketahui telah menikahi seorang wanita cantik Ana Acimovic pada 2000 silam, telah dikaruniai tiga orang anak, yakni Aleksander Stankovic, Filip Stankovic, dan Stefan Stankovic.

Tak hanya itu, usai penisun dari dunia sepak bola, ternyata Stankovic tak bisa jauh dari dunia si kulit bundar yang telah membesarkan namanya.

Pasalnya Stankovic menekuni dunia kepelatihan dan diketahui telah mendapatkan UEFA Pro Licence, yang mana menjadi lisensi tertinggi di kawasan Eropa.

Pada 4 Juni 2014 silam, Stankovic mendapat kepercayaan menjadi asisten pelatih Udinese. Kala itu Stankovic membantu Andrea Stramaccioni dalam 41 laga hinga 15 Juni 2015.

Lalu pada 19 Juni 2015, Stankovic dipercaya menjadi Tim Koordinator Inter Milan hingga 30 Juni 2016. Usai lama menganggur, Stankovic pun punya pekerjaan lagi.

Sebab Stankovic dipercaya menjadi kepala pelatih klub yang telah membesarkan namanya, yakni Red Star Belgrade sejak 21 Desember 2019 hingga 30 Juni 2022.

Saat ini Stankovic telah memainkan tiga laga bersama Red Star Belgrade. Hasilnya, Stankovic belum pernah kalah dari Indjija (1-1), Vojvodina (2-0), dan Cukaricki (2-0).