In-depth

Imbas Virus Corona, Rekor-rekor Ini Batal Liverpool Pecahkan

Sabtu, 14 Maret 2020 16:19 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Alex Livesey - Danehouse/Getty Images
Adanya efek virus coronya yang menyebar sekarang tampaknya membuat rekor-rekor berikut ini batal dipecahkan Liverpool. Copyright: © Alex Livesey - Danehouse/Getty Images
Adanya efek virus coronya yang menyebar sekarang tampaknya membuat rekor-rekor berikut ini batal dipecahkan Liverpool.

INDOSPORT.COM - Adanya efek virus coronya yang menyebar sekarang tampaknya membuat rekor-rekor berikut ini batal dipecahkan Liverpool.

Wabah virus corona mulai menerjang kawasan Inggris. Bahkan, beberapa figur olahragawan mulai terkena dampak dari virus tersebut.

Mulai dari Mikel Arteta (manajer Arsenal), Callum Hudson-Odoi (gelandang Chelsea), dan kemungkinan masih bisa bertambah ke depannya.

Hal ini membuat pihak Liga Inggris pun mengambil sikap. Pasalnya, virus corona harus mendapat penanganan yang sangat khusus.

Ketua Eksekutif Liga Inggris, Richard Masters pun menjelaskan kalau Arteta, Callum, dan semua orang yang terkena diharapkan bisa segera sembuh.

"Dalam situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, kami bekerja sama dengan klub, Pemerintah, FA, dan EFL serta dapat meyakinkan semua orang kesehatan hingga kesejahteraan para pemain, staf, sampai pendukung adalah prioritas kami," papar Richard.

Tak hanya itu, beberapa kompetisi seperti LaLiga Spanyol, Serie A Italia, Bundesliga Jerman, hingga Ligue 1 Prancis juga turut dihentikan untuk sementara waktu.

Hal ini turut berdampak akan pertandingan sepak bola, tepatnya di Inggris, khususnya Liverpool. Lantaran klub asal Merseyside tersebut tengah dalam laju yang oke.

Tren positif Liverpool sudah terlihat ketika paruh kedua Liga Inggris 2018-19 lalu. Di mana Liverpool mengakhiri musim dengan 17 laga tak terkalahkan (empat seri dan 13 menang).

Bahkan, musim tersebut Liverpool menyudahinya dengan meraih gelar juara Liga Champions. Gelar tersebut menjadi yang keenam dalam sejarah The Reds.

© Mike Hewitt/Getty Images for Tottenham Hotspur FC
Bendera Liverpool di pinggir lapangan Copyright: Mike Hewitt/Getty Images for Tottenham Hotspur FCBendera Liverpool di pinggir lapangan

Kala memasuki musim 2019-20, Liverpool tetap dalam laju yang sangat oke. Bahkan, anak asuh pelatih Jurgen Klopp tampil begitu beringas.

Pasalnya, Liverpool sukses 26 kali menang dengan delapan kali beruntun sebelum akhirnya mengalami sekali seri dari Manchester United (1-1). Sisanya Liverpool selalu menang kembali.

Liverpool sempat mengejar rekor milik Arsenal, yakni juara tanpa terkalahkan alias unbeaten. Kala musim 2003-04, Arsenal sukses juara tak terkalahkan sebanyak 49 kali.

The Reds mampu tampil sebanyak 44 kali tak terkalahkan, khususnya di Liga Inggris 2019-20. Akan tetapi rekor tersebut dipatahkan usai kalah telak dari Watford (0-3).

Pada akhir 2019, Liverpool sukses meraih gelar Piala Dunia Antarklub. Namun mereka kandas di Piala Liga Inggris di babak perempatfinal dari Aston Villa (0-5).

© Adam Davy/PA Images via Getty Images
Skuat Liverpool Copyright: Adam Davy/PA Images via Getty ImagesSkuat Liverpool.

Bahkan, keapesan Liverpool kembali terjadi kala tumbang 0-2 dari Chelsea di putaran kelima Piala FA. Hal buruk juga menimpa Liverpool saat tersingkir dari babak 16 besar Liga Champions.

Artinya, Liverpool telah kehilangan peluang untuk meraih treble winners musim ini. The Reds gagal mengulang pencapaian yang sempat diraih Manchester United (1998-99).

Tak hanya itu, Liverpool juga kemungkinan gagal mematahkan rekor Manchester United yang meraih gelar juara Liga Inggris lebih cepat karena virus corona.

Manchester United sempat meraih gelar juara Liga Inggris (2000-01) lebih cepat, tepatnya pada 14 April 2001 atau menyisakan lima laga saja.

Catatan tersebut belum bisa dilewati oleh klub-klub Liga Inggris lainnya sejauh ini, termasuk Liverpool. Padahal, The Reds bisa saja melewati rekor Setan Merah.

Jika virus Corona tidak ada sehingga kompetisi berjalan semestinya, kemungkinan Liverpool bisa saja meraih gelar juara pada 5 April 2020 mendatang kala melawat ke markas Manchester City.

Hal ini tak lepas jika Manchester City dalam dua laga sebelumnya (pekan ke-28 dan 30) menelan hasil buruk dan Liverpool bisa selalu menang.

Andai laga Manchester City vs Liverpool pada 5 April berakhir dengan kemenangan tim tamu, maka Liverpool berhak dinobatkan sebagai juara tercepat Liga Inggris dengan menyisakan tujuh laga.

Namun, perlu ditekankan kembali kalau rekor yang dimaksudkan tadi ialah berdasarkan tanggal meraih juara, bukan saat pekan dimainkannya laga.

1