Bola Internasional

Apa Kabar Christian Panucci, Legenda AS Roma yang Berjaya di AC Milan?

Rabu, 18 Maret 2020 17:06 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© zimbio.com
Christian Panucci saat berseragam AS Roma. Copyright: © zimbio.com
Christian Panucci saat berseragam AS Roma.

INDOSPORT. COM - Christian Panucci, namanya terkenal sebagai legenda AS Roma yang sempat mencicipi kejayaan di AC Milan. Apa kabar Christian Panucci kini?

Nama Christian Panucci mungkin akan selalu dikenang sebagai salah satu bek terhebat yang pernah dimiliki sepak bola Italia. Bagaimana tidak, dahulu kariernya begitu laris dan diminati oleh klub-klub top Eropa.

Gemilang bersama akademi Genoa, Christian Panucci dipromosikan ke skuat utama pada tahun 1992. Baru semusim menjalani karier senior, Christian Panucci langsung digaet raksasa Serie A Italia, AC Milan pada bursa transfer musim panas 1993/94.

Luar biasa, musim perdananya di AC Milan, Christian Panucci sukses membawa klubnya menjuarai Liga Champions. Tak hanya itu, Christian Panucci juga berhasil mengantarkan Rossoneri merajai Serie A Italia dua musim beruntun, 1995/96.

Selepas puas di AC Milan, Christian Panucci mendapat pinangan dari Real Madrid pada Januari 1997. Peran Christian Panucci sukses memberikan Real Madrid trofi Liga Champions di akhir musim 1997/98.

Christian Panucci membela Real Madrid sampai tahun 1999. Setelahnya, Christian Panucci mulai mengembara dari Inter Milan, Chelsea, hingga AS Monaco.

Pengembaraan Christian Panucci terhenti, saat 2002 AS Roma memboyongnya dari AS Monaco. Sejak itu, Christian Panucci jadi pemain yang sangat loyal dengan AS Roma.

Tujuh tahun berkostum AS Roma, Christian Panucci tampil 315 kali dan mencetak 31 gol. Christian Panucci turut berperan besar ketika AS Roma menjuarai Coppa Italia dua musim beruntun, dari 2007/08 hingga 2008/09.

30 Juli 2009, Christian Panucci memutuskan pergi dari AS Roma dan gabung Parma. Setahun kemudian, Christian Panucci mengumumkan keputusan resminya gantung sepatu alias pensiun.

10 tahun pasca pensiun, apa kabar Christian Panucci saat ini? Apakah Christian Panucci masih bergelut di profesi yang berkaitan dengan sepak bola?

Kalau merangkum data Transfermarkt, Christian Panucci pasca pensiun banyak menekuni karier kepelatihan. Berawal dari masuk jajaran staf pelatih Palermo pada 2012, Christian Panucci mulai mencari pengalaman lebih ke Livorno dan Ternana sepanjang 2015 hingga 2016.

Christian Panucci terakhir kali melatih untuk tim nasional Albania. Ditunjuk sedari 19 Juli 2017, Christian Panucci lengser dari kursi kepelatihan Albania pada 23 Maret 2019.

Sepanjang membesut Albania, Christian Panucci telah menemani anak asuhnya melakoni 15 laga internasional. Rincian hasilnya kurang memuaskan, sebab Christian Panucci hanya bisa meraih empat kemenangan, dua imbang, dan sembilan kali kalah.

Setelah lengser, Christian Panucci hingga kini belum menemukan pelabuhan baru lagi. Berdasarkan data Transfermarkt, status Christian Panucci masih tanpa klub alias menganggur.

Begitulah kurang lebih kabar terkini dari Christian Panucci. Legenda AS Roma yang sempat berjaya di AC Milan, saat ini tengah sibuk mencari klub baru untuk dilatih.