Bola Internasional

Filipina yang Mulai Men-Spanyol-kan Diri, Perbesar Asa Tampil di Piala Dunia?

Senin, 30 Maret 2020 21:53 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Lanjar Wiratri
© fifa.com
Filipina yang Meng-Spanyol-Kan Diri, Perbesar Asa Tampil Piala Dunia? Copyright: © fifa.com
Filipina yang Meng-Spanyol-Kan Diri, Perbesar Asa Tampil Piala Dunia?

INDOSPORT.COM - Banyak menaturalisasi pemain dari negeri matador, Filipina kini mulai meng-Spanyol-kan diri dan memperbesar asa tampil di Piala Dunia.

Filipina sendiri memang sangat erat kaitannya dengan Spanyol, apalagi dua negara ini punya catatan sejarah serta perjalanan masa lalu yang cukup panjang.

Selama masa perang dunia pertama dan kedua, Filipina pernah menjadi jajahan kerajaan Spanyol selama kurang lebih 265 tahun dan baru meraih kemerdekaan pada 1898.

Namun sayang, meski telah menyatakan merdeka, pada Desember di tahun yang sama, negara Filipina kembali dijajah dan kali ini giliran Amerika Serikat yang berkuasa. Filipina akhirnya memperoleh kemerdekaan penuh pada 1946. 

Kembali pada hubungan Spanyol dan Filipina, berkat jalinan sejarah yang berlangsung hingga ratusan tahun tersebut, memberikan dampak cukup besar terhadap kebudayan Filipina saat ini.

Filipina yang telah lama menjadi negara bagian Spanyol, membuat Timnas The Azkals saat ini mulai banyak diperkuat pemain-pemain yang lahir di negara kampiun Piala Dunia 2010 tersebut.

Setelah menyatakan merdeka, banyak dari nenek moyang orang Spanyol yang dulunya lahir di Filipina memilih pulang ke negara asalnya di Eropa. Sehingga sekarang, para pemain keturunan Filipina (meski lahir di Spanyol) itu banyak yang bersedia membela negara nenek moyangnya.

Tercatat beberapa nama tenar asal Spanyol pernah di naturalisasi dan memperkuat Timnas Filipina, diantaranya adalah Javier Patino, Diego Bardanca hingga yang masih aktif di Timnas yakni Ángel Guirado.

Teranyar, Filipina kembali berencana menaturalisasi satu penyerang bernama Bienvenido Maranon Morejon, yang lahir di El Puerto de Santa María, Spanyol. Jika rampung, Filipina makin mempertegas identitas mereka sebagai mini Matador ASEAN.

Berbekal para pemain berdarah Spanyol tersebut, Timnas Filipina tampaknya ingin memperbesar asa mereka untuk bisa lolos ke putaran final Piala Dunia, sama seperti yang dilakukan Spanyol dalam beberapa tahun terakhir.

Timnas Filipina sendiri memang mengalami kemajuan pesat terutama di level sepak bola ASEAN. Berkat kemampuan para pemain naturalisasi mereka, kini skuat The Azkals berhasil bertengger di peringkat 124 FIFA atau berjarak 50 strip di atas Timna Indonesia.

Andai proses naturalisasi Bienvenido Maranon Morejon berjalan sukses, tampaknya langkah Filipina menuju putaran final Piala Dunia semakin terbuka lebar. Sebab dengan prestasi sang pemain yang berpredikat top skor sepanjang masa Piala AFC, dapat membantu Filipina meraih poin dalam tiga laga sisa kualifikasi Piala Dunia 2022.

Hingga saat ini, Filipina masih tertahan di peringkat tiga klasemen Grup A dengan 7 poin, sama dengan poin China yang berada di peringkat kedua. Dengan menyisakan tiga laga, peluang Filipina finish di urutan kedua sekaligus membuka kesempatan ke babak selanjutnya sebagai runner up terbaik semakin besar.

Dengan fakta tersebut, menarik dinanti kiprah dari Timnas Filipina bersama para pemain Spanyol mereka di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 nanti, mampukah para pemain keturunan tersebut membawa harum nama kampung nenek moyang mereka?