Liga Inggris

Sambut Kedatangan Timo Werner, Liverpool Siapkan Formasi Baru

Kamis, 16 April 2020 13:08 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Arum Kusuma Dewi
© GettyImages
Liverpool siap terapkan formasi baru untuk mengakomodasi kehadiran Timo Werner. Copyright: © GettyImages
Liverpool siap terapkan formasi baru untuk mengakomodasi kehadiran Timo Werner.

INDOSPORT.COM – Dua musim ini Liverpool identik dengan trio penyerangnya yakni Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Roberto Firmino. Namun, terus dikaitkannya stiker RB Leipzig, Timo Werner, ke Anfield maka manajer Jurgen Klopp harus mengubah formasinya demi mengakomodasi sang penyerang.  

Sejak kedatangan Salah dari Roma pada tahun 2017 lalu, trio Mane-Salah-Firmino telah mendominasi lini depan Liverpool. Dari 105 pertandingan di Liga Inggris sejak Salah datang, trisula itu tampil bersama sejak menit awal pada 90 pertandingan.

Kerja sama ketiganya bahkan membuat pemain depan lain seperti Divock Origi dan Xherdan Shaqiri hanya menjadi penghangat bangku cadangan. Namun, dilansir Liverpool Echo, kondisi itu diprediksi akan berubah seiring makin mendekatnya Timo Werner dari RB Leipzig.

Musim ini, Werner memang tampil tajam bersama Leipzig. Penyerang 24 tahun itu tercatat telah mengoleksi 27 gol dari 36 penampilan di semua kompetisi. Hebatnya, jumlah gol itu tak bisa disaingi baik oleh Salah, Mane, maupun Firmino.

Ketajaman itu pula yang membuat manajemen The Reds mengincar sang pemain. Namun, mendatangkan Werner akan menimbulkan dilema bagi Jurgen Klopp khususnya terkait formasi di lini serang. Menyimpan Werner di bangku cadangan akan terasa mubazir, tapi mencadangkan salah satu dari trisula lama juga akan sulit.

Dengan demikian, solusi terbaik bagi Klopp adalah memainkan keempat pemain tersebut sekaligus, yang berarti mengubah formasi andalan 4-3-3 menjadi 4-2-3-1.

Formasi 4-2-3-1 sendiri pernah beberapa kali dimainkan Klopp musim ini. Namun, dengan masuknya Werner, maka penyerang Jerman tersebut diprediksi akan bermain di posisi penyerang tengah. Sementara itu Roberto Firmino akan berperan sebagai pemain nomor sepuluh, dan Salah serta Mane mengisi kedua sayap.

Penerapan formasi ini juga akan menimbulkan perubahan menarik di  lini tengah. Dengan hanya ada dua posisi yang diperebutkan, maka Fabinho dan Alex Oxlade-Chamberain yang selama ini bergantian mendampingi Jordan Henderson dan Georginio Wijnaldum diprediksi akan terlempar.

Sementara itu, di lini belakang tidak akan ada perubahan drastis mengingat keempat bek dan kiper Alisson selama ini memang tidak tergantikan.

Menarik ditunggu apakah Werner benar-benar akan berlabuh di Anfield pada musim depan dan formasi yang diterapkan Jurgen Klopp untuk mengakomodasi kehadirannya.

Liverpool 4-2-3-1: Alisson; Alexander Arnold, Gomez, Van Dijk, Robertson; Henderson, Wijnaldum; Mane, Firmino, Salah; Werner.