In-depth

Revolusi Mini Ralf Rangnick di AC Milan, Boyong Tonalli Sampai Duet Ibra-Werner

Senin, 20 April 2020 19:40 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Goal.com
Kehadiran Ralf Rangnick diyakini bakal menghadirkan revolusi mini di tubuh AC MIlan. Sejumlah bintang muda Eropa pun tengah dalam radar I Rossoneri. Copyright: © Goal.com
Kehadiran Ralf Rangnick diyakini bakal menghadirkan revolusi mini di tubuh AC MIlan. Sejumlah bintang muda Eropa pun tengah dalam radar I Rossoneri.

INDOSPORT.COM - Kehadiran Ralf Rangnick diyakini bakal menghadirkan revolusi mini di tubuh AC Milan. Sejumlah bintang muda Eropa pun tengah dalam radar I Rossoneri. 

Kabar bergabungnya Ralf Rangnick ke klub Serie A Italia, AC Milan, bukan isapan jempol semata. I Rossoneri kini tinggal selangkah lagi meresmikan kehadiran mantan pelatih RB Leipzig itu. 

Keinginan manajemen AC Milan untuk melakukan revolusi di jajaran tim kepelatihan tampaknya akan segera terwujud. Dilansir MilanNews,Ralf Rangnick akan segera menandatangi kontrak dengan Rossoneri dalam waktu dekat.

Rangnick akan segera bertemu dengan pemilik AC Milan, Gordon Singer, untuk melakukan pertemuan akhir sekaligus menyegel kesepakatan melalui penandatanganan kontrak. Tidak tanggung-tanggung, manajemen Milan akan langsung mengingat Rangnick dengan durasi tiga tahun.

Pria asal Jerman itu memang sudah sejak lama menjadi buruan utama CEO Milan, Ivan Gazidis, untuk memimpin Milan musim depan. Ia disiapkan untuk menggantikan Stefano Pioli yang dianggap kurang mampu membawa Milan bersaing ke papan atas.

Filosofi bermain Rangnick juga dinilai akan cocok dengan skuat Milan saat ini yang memang lebih dominan diisi oleh pemain muda.

Tidak hanya menjabat sebagai pelatih kepala, Rangnick juga akan diberi mandat untuk mengepalai proses transfer pemain. Dengan demikian, penentuan tentang siapa pemain yang akan dilepas dan didatangkan akan ditentukan oleh Rangnick, bukan direksi klub.

Revolusi Mini Milan di Tangan Rangnick

Kehadiran Ralf Rangnick dipastikan bakal menghadirkan revolusi mini di tubuh AC Milan. Pasalnya, pelatih 61 tahun itu sudah berancang-ancang untuk merombak skuat AC Milan. 

Pria Jerman itu terus mengamati skuat Milan dan menyiapkan rencana untuk meningkatkan kualitas tim musim depan, baik dengan memanfaatkan pemain yang sudah ada atau mendatangkan pemain baru.

Belum lama ini ia melontarkan pujiannya kepada gelandang bertahan Milan, Ismael Bennacer, sebagai pemain terbaik Milan. Rangnick pun akan membangun tim yang berpusat pada bintang Timnas Aljazair itu.

Langkah awal yang dilakukan adalah dengan mendatangkan gelandang muda Brescia, Sandro Tonalli. Manajemen Milan sendiri saat ini tengah berusaha keras untuk mendatangkan titisan Andrea Prilo itu. 

Sandro Tonalli didatangkan untuk memberi duet tandem Ismael Bennacer di lini tengah. Usianya yang masih sangat belia sesuai dengan filosofi Rangnick yang mengutamakan potensi  pemain muda. 

Lebih dari 15 tahun terakhir Ralf Rangnick sudah melatih empat klub dengan usia rata-rata di bawah 25 tahun. Ketika di Hoffenheim dari 2006 hingga 2011, ia bahkan memiliki tim dengan rata-rata usia 22,7 tahun. Menariknya, AC Milan saat ini tercatat sebagai salah satu tim dengan rataan usia termuda di Eropa. 

Tak berhenti di Tonalli, Rangnick bahkan berniat memborong tiga mantan anak buahnya di Leipzig ke San Siro. Dilansir Corriere dello Sport, ketiga bintang buruan terbaru Rangnick adalah Dayot Upamecano, Timo Werner, dan Dani Olmo.

Upamecano, yang merupakan salah satu bek muda paling bersinar di Eropa saat ini, direncanakan menjadi pilar di lini belakang. Meski demikian, untuk mendatangkan Upamecano, Milan harus bersaing dengan sejumlah klub papan atas Eropa seperti Manchester United dan Real Madrid.

Keberadaan Upamecano diharapkan dapat memperkuat lini belakang Milan yang sebelumnya sudah solid di bawah komando Alessio Romagnoli dan Simon Kjaer. 

Di lini tengah, Rangnick berusaha memperkuat skuat Milan dengan membidik Dani Olmo. Bintang asal Spanyol ini sempat dikait-kaitkan dengan Rossoneri pada Januari lalu, tapi akhirnya justru berlabuh ke Leipzig.

Duet Werner-Ibra

Banyak yang bertanya-tanya perihal nasib bomber gaek Milan, Zlatan Ibrahimovic. Ibra digadang-gadang bakal hengkang di akhir musim menyusul perginya Zvonimir Boban dari kursi direksi Milan.

Maklum, Boban adalah sosok kunci yang mendatangkan legenda Swedia itu ke San Siro. Akan tetapi, kabar baiknya Ralf Rangnick tak menutup pintu untuk Ibrahimovic. 

Ibra bahkan diproyeksikan untuk berduet dengan buruan anyar Rangnick lainnya, yakni Timo Werner. Rangnick mempunyai impian untuk mendatangkan Timo Werner. 

Untuk mendatangkannya, dana 60 juta euro (sekitar 1 triliun rupiah) mesti disiapkan Milan, Jika ditotal, Rossoneri harus merogoh kocek setidaknya 130 juta euro (sekitar 2,2 triliun rupiah) untuk merekrut tiga bintang muda Leipzig itu. 

Jumlah tersebut direncanakan akan didapatkan dari sejumlah penjualan penting, termasuk melepas kiper Gianluigi Donnarumma.

Selain itu, upaya Milan untuk mengandalkan para pemain Primavera guna melengkapi skuat juga akan mengurangi tagihan gaji, sehingga bisa dialihkan untuk dana transfer. Salah satu alumni primavera yang diyakini juga akan bersinar di bawah Rangnick adalah Daniel Maldini.