Liga Spanyol

Termasuk Ronaldo, 6 Eks Bintang LaLiga yang Jadi Petinggi Klub

Minggu, 26 April 2020 12:19 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Daily Mail
Termasuk Ronaldo Nazario dari Brasil, berikut enam eks bintang LaLiga Spanyol yang kemudian menjadi petinggi, baik klub ataupun federasi sepak bola. Copyright: © Daily Mail
Termasuk Ronaldo Nazario dari Brasil, berikut enam eks bintang LaLiga Spanyol yang kemudian menjadi petinggi, baik klub ataupun federasi sepak bola.

INDOSPORT.COM - Termasuk Ronaldo Nazario dari Brasil, berikut enam eks bintang LaLiga Spanyol yang kemudian menjadi petinggi, baik klub ataupun federasi sepak bola.

Ketika berbicara tentang pesepak bola yang memutuskan gantung sepatu karna alasan sudah masuk usia uzur, banyak dari mereka yang memilih tetap berkecimpung di dunia sepak bola karena kecintaan mereka pada olahraga si kulit bundar tersebut

Usia juga tak serta-merta menghalangi performa mereka untuk tetap terlibat bahkan berperan membawa klub yang menaungi nya berkembang di dalam dan luar lapangan. Contohnya menjadi pelatih, pemegang saham klub, bahkan menembus jajaran petinggi klub serta ada juga yang terjun ke manajemen federasi sepak bola.

Dilansir dari rilis resmi LaLiga Spanyol, berikut sejumlah pesepak bola yang telah pensiun dan pernah merumput di Laliga Spanyol namun masih berkutat di jagat sepak bola sebagai petinggi.

1. Santiago Bernabeu

Prestise dari Santiago Bernabeu dan warisannya untuk Real Madrid pastinya tidak akan pernah dilupakan dari sejarah klub atas kontribusinya yang besar. Real Madrid saja memberinya penghormatan dengan menjadikan namanya sebagai nama stadion utama mereka.

Figurnya yang mendedikasikan seluruh hidupnya untuk sepak bola apalagi bagi Los Blancos. Ketika berusia 17 tahun, ia dipanggil untuk bergabung bermain dengan tim muda Real Madrid. Tiga tahun kemudian, baru ia ditarik ke tim utama, di mana ia d9ipercaya sebagai kapten tim.

Dua dekade dilaluinya, pada tahun 1927 ia memutuskan gantung sepatu dan berubah profesi menjadi staf administratif, sebelum ia menjadi presiden Real Madrid dari tahun 1943 sampai 1978 hingga membuat Los Blancos menjadi klub besar saat ini.

2. David Beckham

Eks pemain Real Madrid ini merupakan anggota Los Galacticos dan pernah menyabet gelar LaLiga Spanyol musim 2006/07. Dia menghabiskan empat musim merumput di Santiago Bernabeu.

Setelah pensiun pada 2013, sekarang Beckham menjadi presiden klub dengan mendirikan sebuah klub sepak bola di Amerika Serikat yang diberi nama Inter Miami.

Saat ini, Inter Miami yang bermain di MLS, masih menggunakan stadion sementara, sebelum mereka hengkang ke Stadion Miami Freedom Park yang baru resmi bisa digunakan pada 2021.

3.  Delfí Geli

Ketika masih remaja, Geli memulai kariernya sebagai pemain bertahan untuk klub Girona FC yang merupakan kasta bawah divisi ketiga di sepak bola Spanyol. Lalu, ia melanjutkan perkembangan sepak bolanya bersama tim muda Barcelona. Dia pun pernah dipanggil untuk bermain di Tmnas Spanyol sebanyak empat kali.

Delfi Geli juga mengukir prestasi dengan menjuarai dua gelar LaLiga dirinya. Dia pernah bersama Atletico Madrid di musim 1995/96 di mana ia juga menjuarai Copa del Rey di sana.

Kiprahnya yang paling diingat sewaktu ia pernah berkostum di Alaves di mana pada tahun 2001 di Piala UEFA, dirinya malah mencetak gol bunuh diri pada final kontra Liverpool.

Geli pun menutup kariernya di Girona. Pada Juli 2015, ia dipilih sebagai presiden klub Girona dan berhasil membawa klub tersebut promosi ke LaLiga Spanyol untuk pertama kalinya dalam sejarah dua musim setelahnya.

4.  Davor Šuker

Sorotan kariernya di rumput hijau dimulai ketika Davor Šuker berkostum Real Madrid yang ketika itu menjuarai Liga Champions 1998. Secara keseluruhan, ia mencatatkan 114 gol dari 239 penampilan di LaLiga.

Setelah pensiun, di tahun 2012, ia terpilih sebagai presiden Federasi Sepak Bola Kroasia, membawa Timnas Kroasia menjadi runner up Piala Dunia 2018. Davor Suker juga memiliki peran penting di jajaran komite FIFA dan UEFA.

5. Ronaldo Nazario

Ronaldo Nazário, pemain dengan julukan si gigi kelinci, bisa dikatakan menjadi satu-satunya pemain yang berhasil mengukir sejarah menjadi top skorer LaLiga Spanyol di dua klub berbeda, yakni ketika ia membela klub Barcelona musim 1997 dan Real Madrid musim 2004.

Rentetan gelar juga berhasil ia raih dengan memenangi dua Piala LaLiga Spanyol, dua Piala Dunia, dan dua penghargaan Ballon d’Or.

Setelah pensiun, Ronaldo sekarang menjabat sebagai presiden dan pemegang saham terbesar klub Spanyol, Real Valladolid,  membantu klub tersebut berkembang di dalam dan luar lapangan selama dua musimnya menjabat sebagai petinggi klub tersebut.

6.  Gheorghe Hagi

Pemain kebangsaan Rumania, Gheorghe Hagi, juga pernah merasakan membela klub Real Madrid dan Barcelona di tahun 1990-an, dengan memenangi Piala Super Spanyol bersama dua klub tersebut, hingga menjadi salah satu gelandang terbaik di dunia sepak bola di jamannya.

Setelah gantung sepatu, kini ia berfokus pada klub Liga Rumania, FC Viitorul Constanta, di mana ia berperan sebagai pemilik dan pelatih klub tersebut. Klub itu ternyata didirikan oleh Hagi pada 2009, meraih gelar juara liga 2016/17 dan Piala Rumania 2018/19.

Penulis: Andre Febriansyah